Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada topik termodinamika dengan pendekatan conceptual problem solving / Paulus Satria Eda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada topik termodinamika dengan pendekatan conceptual problem solving / Paulus Satria Eda

Eda, Paulus Satria (2020) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada topik termodinamika dengan pendekatan conceptual problem solving / Paulus Satria Eda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Eda Paulus Satria. 2020. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Topik Termodinamika dengan Pendekatan Conceptual Problem Solving. Tesis Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Purwaningsih M.Si (II) Prof. Dr. Sutopo M.Si. Kata kunci Pemecahan Masalah Penguasaan Konsep Pendekatan CPS Termodinamika. Termodinamika merupakan salah satu materi yang sulit dikuasai siswa di tingkat SMA hingga mahasiswa di tingkat universitas. Konsep termodinamika yang bersifat abstrak tak jarang menimbulkan miskonsepsi ketika dipelajari. Beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa miskonsepsi ini muncul sebagai akibat dari kebiasaan menggunakan strategi chug and plug dalam menyelesaikan masalah. Penggunaan strategi ini berdampak pada lemahnya pemahaman kualitatif dari suatu persamaan sehingga menyebabkan lemahnya penguasaan konsep termodinamika. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan melatih mahasiswa melakukan pemecahan masalah secara bermakna atau melakukan pemecahan masalah berdasarkan pemahaman kualitatif dengan menggunakan pendekatan CPS. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang berlatih memecahkan masalah termodinamika menggunakan pendekatan CPS. Penelitian ini berjenis mixed method dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian menggunakan 22 mahasiswa tahun kedua program studi Pendidikan Fisika Universitas Nusa Cendana Kupang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian berupa 12 soal penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda diadaptasi dari TCS dengan reliabilitas 0 524 dan 2 soal kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian diadaptasi dari buku Serway dengan reliabilitas 0 949. Data kuantitatif penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan menghitung distribusi dan tendensi data menggunakan uji paired sample t-test N-Gain serta d-effect size sementara data kualitatif dianalisis dengan membandingkan hasil wawancara mahasiswa pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep mahasiswa meningkat dengan N-Gain sebesar 0 44 (kategori sedang) dan d-effect size sebesar 0 69 (kategori kuat). Perolehan ini membuktikan bahwa berlatih memecahkan masalah dengan pendekatan CPS dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah mahasiswa meningkat dengan N-Gain sebesar 0 55 (kategori sedang) dan d-effect size sebesar 4 67 (kategori kuat). Perolehan ini membuktikan bahwa berlatih memecahkan masalah dengan pendekatan CPS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137211

Actions (login required)

View Item View Item