Proses penalaran matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional / Nana Maulidah Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses penalaran matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional / Nana Maulidah Agustin

Agustin, Nana Maulidah (2020) Proses penalaran matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional / Nana Maulidah Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai posisi strategi dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia salah satunya dengan meningkatkan keterampilan yang harus dimiliki yaitu keterampilan bernalar. Dalam belajar matematika siswa tidak akan terlepas dengan kegiatan bernalar yang merupakan bagian dari proses berpikir menemukan ide-ide yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang dihadapinya. Selain itu semangat dan motivasi belajar siswa juga berpengaruh dalam menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan siswa dalam memotivasi diri sendiri adalah bagian dari kecerdasan emosional. Seiring dengan itu kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa kelas VII berdasarkan level kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas siswa yang memiliki level kecerdasan emosional tinggi level kecerdasan emosional sedang dan level kecerdasan emosional rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Metode tes menggunakan tes kecerdasan emosional berupa angket yang terdiri dari 40 item kemudian tes proses penalaran matematis terdapat 1 nomor soal yang telah divalidasi oleh 2 orang validator yaitu dosen ahli dan guru bidang studi. Analisis data yang dilakukan meliputi (a) pereduksian data (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Prosedur penelitian ini sebagai berikut (1) tahap persiapan (2) tahap pengumpulan data dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian ini adalah (1) proses penalaran siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat mengajukan dugaan menarik kesimpulan dari pernyataan melaksanakan manipulasi matematika dan memeriksa kesahihan suatu argumen dengan benar (2) proses penalaran siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang masih salah dalam mengajukan dugaan kurang lengkap dalam menarik kesimpulan dari suatu pernyataan melaksanakan manipulasi matematika namun penyelesaian masalah masih salah dan tidak dapat memeriksa kesahihan suatu argumen (3) proses penalaran siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah tidak dapat mengajukan dugaan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan namun belum tepat belum mampu melakukan memanipulasi matematika dengan benar dan tidak dapat memeriksa kembali kesahihan suatu argumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/137181

Actions (login required)

View Item View Item