Developing local context-based supplementary reading materials for the eighth graders / Lestari Budianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing local context-based supplementary reading materials for the eighth graders / Lestari Budianto

Budianto, Lestari (2019) Developing local context-based supplementary reading materials for the eighth graders / Lestari Budianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Budianto Lestari 2019. Pengembangan Materi Bacaan Tambahan Berdasarkan Konteks Lokal untuk Para Peserta Didik Kelas Delapan.Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M. Pd. (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M. Pd. M. Ed. Kata Kunci pengembangan kontex lokal membaca Membaca merupakan kemampuan penting yang diajarkan di SMP. Di SMP berbasis pesantren Amanatul Ummah ada masalah terjadi yakni topik bacaan jauh dari kehidupan siswa/i dan hal itu membuat para siswa/i merasa enggan untuk membaca. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan materi bacaan tambahan berbasis konteks lokal berjudul Local Assets for Global Usage (LAGU singkatannya). Materi dikembangkan berdasarkan analisa kebutuhan dan kurikulum 2013 revisi kompetensi dasar poin 3.3 dan 4.5. Ini adalah R D yang diadaptasi dan disederhanakan dari model Borg Gal 2007 yang mengandung analisa kebutuhan pengembangan materi validasi ahli revisi produk 1 uji coba revisi produk 2 produk akhir. Subjek dari penelitian ini adalah para siswa/i kelas delapan dann seorang guru bahasa Inggris SMP berbasis pesantren Amanatul Ummah. Ada 25 siswa/i yang terlibat dalam penelitian ini. Pada fase validasi produk ini divalidasi oleh seorang ahli pengajaran bahasa Inggris. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil dari pengembangan ini mengungkapkan bahwa ada 4 tempat umum paling populer bagi siswa/i. Tempat umum tersebut dipertimbangkan sebagai dasar pengembangan materi. Produk tersebut dikembangkan berdasarkan pembelajaran berdasarkan penugasan sebagai fokusnya. Menurut survei pasar tidak ditemukan materi bacaan berdasarkan berbahasa Inggris tentang tempat-temat wisata tersebut. Produk ini divalidasi dan diuji coba. Hasil validasinya menunjukkan nilai 96 52. Itu artinya produk penelitian ini sangat baik tetapi masih ada beberapa hal yang perlu direvisi. Setelah revisi produk ini diuju coba. Hasilnya menunjukkan ada beberapa hal yang perlu direvisi pada bagian desain sampul dan hubungan gambar. Setelah revisi produk produk akhir siap digunakan sementara hasil dari kuesioner dari tryout adalah 93. Ini berarti bahwa produk ini sangat baik bagi siswa/i. Pada fase uji coba didapati beberapa komen dan saran sebagai dasar revisi kedua. Setelah revisi materi siap digunakan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa produk ini dapat memotivasi siswa/i untuk belajar bahasa Inggris karena mereka mempunyai pengetahuan dasar tentang materi tersebut. Kesimpulannya adalah penelitian ini menyediakan materi bacaan tambahan berbasis konteks lokal dan bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan materi bacaan tambahan yang cocok pada aset lokal pada area yang berbeda dan memperhatikan kemajuan teknologi sementara bagi guru bahasa Inggris hasil penelitian ini akan jadi alternatif dan bahan ajar dalam mengajar bahasa Inggris. Bagi sekolah hasil penelitian ini akan jadi sumber belajar tambahan dan sebagai ciri khas yang berbeda dari sekolah lain karena hanya digunakan di sekolah tempat penelitian saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/136522

Actions (login required)

View Item View Item