Mushoffa, Mahmud (2019) Hubungan sikap belajar dengan kualitas karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA AN-Nur Bululawang / Mahmud Mushoffa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Mushoffa Mahmud. 2019. Hubungan Sikap Belajar dengan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA AN-NUR Bululawang. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M.Pd. (II) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata kunci sikap belajar kualitas karya tulis karya tulis ilmiah Ranah afektif merupakan sisi emosional perilaku manusia yang dapat disandingkan dengan sisi kognitif. Ranah kognitif dan afektif merupakan bagian yang harus diperhatikan selama pembelajaran berlangsung. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa yang berperan aktif dalam merespon kemungkinan besar ia memahami materi yang disampaikan. Dalam kaitannya dengan kognitif seseorang setiap jenjang kognitif memiliki keterkaitan dengan jenjang afektif. Keterkaitan tersebut terlihat pada saat siswa (1) mengingat atau mengenali suatu pengetahuan dalam dirinya terdapat proses menerima pengetahuan baru (2) memahami suatu pengetahuan dalam dirinya terdapat suatu respons baik berupa pertanyaan atas pemahamannya ataupun komentar terkait pengetahuan tersebut (3) mulai menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam dirinya terdapat proses penghargaan terhadap suatu pengetahuan tersebut (4) mulai menganalisis suatu fenomena dalam dirinya terjadi proses pengelolaan hal-hal terkait fenomena tersebut dan (5) berada pada tahap evaluasi dan kreasi dalam dirinya terjadi proses karakterisasi suatu hal atau ilmu atau nilai terkait yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap belajar dengan kualitas karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA AN-NUR Bululawang. Sikap belajar tersebut terdiri atas (1) sikap menerima (2) sikap menanggapi (3) sikap menghargai (4) sikap mengelola dan (5) sikap mengkarakterisasi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian korelasi. Data penelitian ini berupa skor sikap belajar dan skor kualitas karya tulis ilmiah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Bahasa AN-NUR Bulalawang yang berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa yang merupakan keseluruhan populasi penelitian ini. Enam belas siswa dari kelas XI IBB1 dan 20 siswa dari kelas XI IBB2. Pemilihan sampel tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa siswa yang menempuh kompetensi dasar menulis karya tulis ilmiah adalah siswa Ilmu- Ilmu Bahasa. Instrumen penelitian ini ada dua yaitu instrumen sikap belajar berupa soal penilaian diri terkait sikap belajar dan instrumen kualitas karya tulis ilmiah berupa rubrik penialan karya tulis ilmiah. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas isi dan konstruk dengan ahli instrumen serta uji reliabilitas Alpha Cronbach untuk sikap belajar dan reliabilitas interclass correlation coefficient untuk rubrik penilaian kualitas karya tulis ilmiah. Analisis data penelitian berupa (1) distribusi data dan (2) pengujian hipotesis. Distribusi data dilihat berdasarkan pada rasio skewness dan kurtosis. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat diketahui bahwa ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara sikap belajar dengan kualitas karya tulis ilmiah (P 0 751). Berikut hasil analisis statistik masing-masing bagian dari sikap belajar dengan kualitas karya tulis ilmiah. Pertama ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara sikap menerima dengan kualitas karya tulis ilmiah (P 0 154). Kedua ada hubungan positif yang tidak signifikan antara sikap menanggapi dengan kualitas karya tulis ilmiah (P 0 760). Ketiga ada hubungan positif yang tidak signifikan antara sikap menghargai dengan kualitas karya tulis ilmiah (P 0 547). Keempat ada hubungan positif yang tidak signifikan antara sikap mengelola dengan kualitas karya tulis ilmiah (P 0 140). Kelima ada hubungan positif yang tidak signifikan antara sikap mengkarakterisasi dengan kualitas karya tulis ilmiah (0 425). Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya sebagai berikut. Kepada guru diharapkan untuk memerhatikan aspek sikap belajar selama proses pembelajaran berlangsung meskipun sikap tersebut berdasarkan hasil penelitian memiliki hubungan positif yang tidak signifikan. Hal tersebut perlu dilaksanakan karena sikap belajar dapat membantu guru untuk memahami tentang masalah-masalah yang dihadapi siswa dan guru dapat menyelesaikan dengan cepat. Siswa tidak hanya difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa untuk pasif dalam pembelajaran tetapi juga siswa yang aktif. Dengan demikian siswa dapat mengembangkan sikap merespons menghargai mengelola dan mengarakterisasi dengan baik. Kepada peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar penelitian yang relevan terkait dengan sikap belajar dan kualitas karya tulis ilmiah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/136002 |
Actions (login required)
View Item |