Pengembangan media pembelajaran Tari Topeng Grebeg Sabrang berbasis powerpoint interaktif untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di tingkat SMP / Maria Ulfa Yudha Julistiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Tari Topeng Grebeg Sabrang berbasis powerpoint interaktif untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di tingkat SMP / Maria Ulfa Yudha Julistiyana

Julistiyana, Maria Ulfa Yudha (2013) Pengembangan media pembelajaran Tari Topeng Grebeg Sabrang berbasis powerpoint interaktif untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di tingkat SMP / Maria Ulfa Yudha Julistiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Julistiyana M.U.Y. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Tari Topeng Grebeg Sabrang Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Menunjang Pembelajaran Seni Budaya Di Tingkat SMP. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M. Pd (II) Wida Rahayuningtyas S. Pd M. Pd. Kata Kunci pengembangan media powerpoint tari topeng grebeg sabrang anak SMP. Keterbatasan waktu pembelajaran mengekspresikan karya seni tari di dalam kelas menjadi alasan dasar yang perlu diperhatikan dan ditindak lanjuti melalui penelitian pengembangan pada siswa SMP kelas VII ini . Mengingat pembelajaran ekspresi sangatlah penting untuk berkreasi dan beraktifitas. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran tari topeng grebeg sabrang sebagai upaya pembelajaran pada siswa SMP dan generasi muda lainnya selain itu juga sebagai upaya untuk mengenalkan dan membekali keterampilan pada siswa tentang mata pelajaran seni budaya terutama seni tari yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam hal berekpresi. Model pengembangan yang digunakan Four-D Model dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan Dhorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel (1974) yang dimodifikasi dengan penjabaran 4 tahap pengembangan yaitu Define Design Develop dan Disseminate atau diadaptasi menjadi model 4-D yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Validasi meliputi 2 ahli media 1 ahli materi dan 3 uji coba perorangan serta 10 uji coba kelompok kecil. Uji coba produk dilakukan dengan lapangan kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dari hasil evaluasi masukan dan saran dari ahli. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa hasil media pembelajaran ini adalah berupa powepoint interaktif dan media powerpoint interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata-rata total sebesar (89 03%) dan dinyatakan valid sebagai media pembelajaran powerpoint interaktif bagi siswa SMP kelas VII. Media powerpoint interaktif ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah (1) media bersifat praktis dapat digunakan kapan saja dan dimana saja (2) bisa menjadi media pembelajaran secara individu sehingga siswa dapat belajar kapan saja (3) selain untuk pembelajaran siswa SMP media ini juga dapat digunakan pada pembelajaran sanggar tari sehingga memudahkan siswa serta guru untuk lebih memahami Sedangkan kelemahannya adalah (1) media ini hanya dioperasikan dengan perangkat komputer yang mempunyai software Microsoft Office di dalamnya (2) terbatasnya jangkauan untuk mengevaluasi pembelajaran menggunakan standar kompetensi ekspresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item