Mafilindasari, Ria (2013) Strategi pembelajaran seni tari standar kompetensi ekspresi pada siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Ria Mafilindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Strategi Pembelajaran Seni Tari Standar Kompetensi Ekspresi SMA Negeri I Kepanjen Kabupaten Malang adalah satu dari lima Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Kepanjen yang melaksanakan pembelajaran seni tari intakurikuler bagi siswa. Pembelajaran seni tari standar kompetensi ekspresi di SMA Negeri I Kepanjen Kabupaten Malang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XI. Kegiatan pembelajaran seni tari bertujuan untuk membina pengalaman estetik siswa hubungannya dalam mempertunjukkan seni tari kelompok/ berpasangan berdasarkan tari nusantara yang bertujuan untuk mendorong kemampuan siswa dalam berprestasi dan berkarya melalui seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian pembelajaran seni tari strategi penyampaian pembelajaran seni tari dan evaluasi hasil belajar seni tari standar kompetensi ekspresi di SMA Negeri I Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif lokasi penelitian berada di SMA Negeri I Kepanjen Kabupaten Malang yang terletak di Jl. Ahmad Yani 48 Kepanjen. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Hubeman dilakukan dengan cara mereduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru seni tari membuat pengorganisasian pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran silabus program tahunan dan program semester secara tertulis akan tetapi guru kurang melengkapi pengorganisasian yang digunakan mulai dari tujuan materi metode media dan penilaian yang tertulis secara rinci 2) Guru menggunakan pendekatan individu dan pendekatan kelompok untuk menangani siswa yang bermasalah dalam pembelajaran seni tari 3) Guru selalu melakukan evaluasi hasil belajar seni tari yaitu berdasarkan evaluasi proses dilihat dari keaktifan siswa dan evaluasi hasil dilihat dari unjuk kerja siswa dalam menari. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut mengenai strategi pembelajaran seni tari. Bagi guru seni tari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebaiknya dilengkapi dengan tujuan materi metode media penilaian dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang tertulis secara rinci sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal. Materi pelajaran yang diberikan kepada siswa sebaiknya disesuaikan dengan kompetensi dasar dan disesuaikan dengan kondisi siswa. Bagi siswa kelas XI agar bersemangat lagi dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran seni tari dan bagi mahasiswa seni tari Universitas Negeri Malang dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13541 |
Actions (login required)
View Item |