Nillah, Choirun (2019) Mathematics students' speaking anxiety in bilingual class at Universitas Negeri Malang / Choirun Nillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nillah Choirun. 2019. Kecemasan Berbicara Mahasiswa Matematika Program Kelas Internasional di Universitas Negeri Mgalang. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siusana Kweldju M.Pd. (2) Maria Hidayati S.S. M.Pd. Kata Kunci kecemasan berbicara tingkat kegelisahan mahasiswa matematika kelas bilingual. Belajar Matematika tidak hanya soal angka namun juga bahasa. Tidak dapat dipungkiri belajar matematika menggunakan bahasa asing dapat menimbulkan kecemasan karena menentukan kosakata dan parafrase kata yang tepat yang mana tidak terdapat dalam kurikulum Bahasa Inggris. Menurut Llina s dan Garau (2009) tingkat kecemasan dibagi menjadi tiga yaitu rendah sedang dan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui indikator yang menimbulkan masing-masing level kecemasan. Dalam kelas matematika kemampuan berbicara juga dibutuhkan sementara berbicara menggunakan bahasa asing seringkali menjadi sumber kecemasan bagi mahasiwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 20 mahasiswa semester dua dari jurusan Matematika kelas bilingual di Universitas Negeri Malang. Peneliti menggunakan kuesioner tertutup sebagai instrument dalam penelitian ini yang mana terdiri dari 22 pernyataan yang menanyakan mengenai perasaan mahasiswa pada saat berbicara di dalam kelas Bahasa Inggris. Kuesioner tersebut dibuat berdasarkan hasil penelitian dari peneliti sebelumnya. Data yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan bahwa untuk indikator kecemasan dengan level rendah 100% mahasiswa memilih pernyataan bahwa mereka tidak malu ketika guru mereka mengoreksi kesalahan mereka ketika berbicara Bahasa Inggris. Untuk indikator kecemasan dengan level sedang menunjukkan bahwa 100% mahasiswa memilih bahwa mereka akan lebih percaya diri jika mereka sudah memiliki persiapan sebelumnya. Sedangkan untuk indikator kecemasan tingkat tinggi 80% siswa memilih bahwa berbicara dengan penutur asli dapat menimbulkan kecemasan. Secara umum mahasiswa jurusan matematika mengalami kecemasan ketika menggunakan bahasa asing dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/135087 |
Actions (login required)
View Item |