Implementasi kecakapan hidup abad 21 pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 dalam RPP / Harbatul Ahkam Arrozy - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kecakapan hidup abad 21 pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 dalam RPP / Harbatul Ahkam Arrozy

Arrozy, Harbatul Ahkam (2019) Implementasi kecakapan hidup abad 21 pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 dalam RPP / Harbatul Ahkam Arrozy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arrozy Harbatul Ahkam. 2019. Implementasi Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMA Negeri 5 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Dalam RPP. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd M.Hum Kata Kunci Kecakapan Hidup Abad 21 Sejarah Indonesia SMA Negeri 5 Malang. Abad 21 adalah abad dimana teknologi dan informasi berjalan begitu cepat. Informasi dan teknologi yang berkembang begitu cepat mengharuskan setiap individu memiliki kemampuan untuk mencari informasi yang benar dan dibutuhkan kecakapan hidup untuk hidup di abad 21 ini. Untuk itu pemerintah melakukan tindakan untuk mengatasi masalah ini. Solusi yang dihadirkan oleh pemerintah dengan cara membekali peserta didik dengan kecakapan hidup. Dalam abad 21 ini dibutuhkan 4 kecakapan hidup yakni berpikir kritis kolaborasi komunikasi dan kreatif. Pemerintah menerapkan 4 kecakapan ini dalam pembelajaran di sekolah termasuk didalamnya pelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengamati mengenai pelaksanaan penumbuhan kecakapan hidup abad 21 di mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 5 Malang. Penelitian didasarkan pada masalah yang ditemukan peneliti saat melakukan observasi dan wawancara. Peneliti ingin melihat bagaimana penerapan dan pelaksanakan kecakapan hidup abad 21 pada mata pelajaran sejarah Indonesia sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan individu yang memiliki kecerdasan intelektual kecerdasa emosional dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif berupa deskripsi tentang implementasi kecakapan hidup abad pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMA Negeri 5 Malang. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumen teknik observasi dan wawancara. Data dianalisis secara kontinyu dengan tahapan pengumpulan data reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan telah memberikan gambaran mengenai penumbuhan kecakapan hidup abad 21. Penumbuhan kecakapan hidup abad 21 dimulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan pembelajaran dimulai dengan pembuatan RPP oleh guru. RPP mengacu pada permendikbud no. 22 tahun 2016 dan di RPP ini ditentukan kecakapan yang akan ditumbuhkan. Perencanaan pembelajaran yang sudah di buat di RPP di implementasikan pada pelaksanaan pembelajaran. Dan evaluasi di buat secara rinci untuk mengukur sikap pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133602

Actions (login required)

View Item View Item