Anwar, Noor Octavian (2019) Nemu: visual programming environment sebagai penunjang proses pembelajaran mata pelajaran pemrograman dasar di sekolah menengah kejuruan / Noor Octavian Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anwar Noor Octavian. 2019. NEMU Visual Programming Environment sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan. Proposal Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Visual Programming Environment Pemrograman Dasar ADDIE Prototyping SMK. Pemrograman Dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang akan ditempuh siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika pada kelas X. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 4 Malang SMKN 12 Malang dan SMKN 2 Singosari ditemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran Pemrograman Dasar. Dalam proses pembelajaran pendidik masih menggunakan metode konvensional. Disamping itu sumber belajar pendukung yang digunakan selama proses pembelajaran hanya modul latihan yang berisi ringkasan materi. Selama proses pembelajaran peserta didik juga terlalu disibukkan dengan tata cara pengoperasian instruksi-instruksi dan aturan tata bahasa pada bahasa pemrograman yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan NEMU Visual Programming Environment sebagai penunjang proses pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Dasar. Peserta didik dapat berlatih menyusun algoritma secara visual dan interaktif untuk mengasah pemahaman mereka tentang Pemrograman Dasar Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan media ADDIE dan model pengembangan perangkat lunak Prototyping. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahap (1) Analyze (2) Design (3) Development (Communication-Quick Plan-Modeling Quick Design-Contruction of Prototyping-Deployment Delivery Feedback) (4) Implementation dan (5) Evaluation pada masing-masing tahapan. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh para ahli media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase penilaian dari validator sebesar 94 05% oleh ahli materi dan 96 67% oleh ahli media. Berdasarkan uji coba kelayakan yang telah dilaksanakan di SMKN 4 Malang SMK Telkom Malang dan SMKN 2 Singosari diperoleh persentase sebesar 75% untuk uji coba perorangan 82 58% untuk uji coba kelompok kecil dan 94 8% untuk uji coba kelompok besar. Dari rangkaian uji validasi dan uji coba tersebut dapat dinyatakan bahwa secara keseluruhan media yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/128977 |
Actions (login required)
View Item |