Pengembangan buku latihan daur ulang botol plastik untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMP / Reny Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku latihan daur ulang botol plastik untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMP / Reny Handayani

Handayani, Reny (2013) Pengembangan buku latihan daur ulang botol plastik untuk meningkatkan kreatifitas siswa SMP / Reny Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handayani Reny. 2013. Pengembangan Buku Latihan Daur Ulang Botol Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Ike Ratnawati S. Pd M.Pd. Kata kunci Buku Latihan Daur Ulang Botol Plastik Kreativitas SMP Penggunaan bahan baku plastik semakin meluas dan berkembang pesat yang menyebabkan semakin banyaknya jumlah sampah plastik serta berdampak negatif bagi lingkungan. Dibutuhkan penanganan khusus untuk mengolah sampah botol plastik agar jumlah sampah plastik berkurang. Namun kreativitas siswa SMP didalam memanfaatkan sampah botol plastik untuk didaur ulang masih belum terasah dengan baik. Oleh karena itu dibuatlah buku latihan daur ulang dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi disekitar. Buku latihan merupakan buku yang berisi bahan-bahan latihan untuk mendaur ulang khusus sampah botol plastik menjadi karya seni rupa terapan seperti kipas kap lampu kalung bingkai foto dan beberapa karya lainnya untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan model five-D (Pranata 2012). Pada tahap define dilakukan pengidentifikasian masalah menganalisis kebutuhan dan menganalisis tugas. Tahap data dilakukan pengumpulan data teoritis dan data lapangan. Tahap design dilakukan proses perancangan produk instrumen validasi dan uji coba. Tahap develop dilakukan uji validasi dan uji coba kelompok kecil. Tahap yang terakhir adalah dissemanate dengan melakukan penulisan artikel ilmiah dan laporan produk. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berbentuk angket. Berdasarkan hasil validasi didapatkan nilai prosentase 78 12% dari ahli materi 90 6% dari ahli media dan 91 14% dari kelompok kecil. Nilai rata-rata secara keseluruhan adalah 87 5% dan dinyatakan layak untuk digunakan siswa SMP dikarenakan siswa sudah menyatakannya melalui angket bahwa isi buku dapat dipahaminya dengan baik. Pesan yang disampaikan buku juga dapat diterima dengan baik. Kelengkapan isi buku sudah dinyatakan lengkap kerincian penguraian tahap-tahap pendaur ulangan juga sudah dinyatakan lengkap atau terurut serta kemudahan dalam menerapkan langkah-langkah daur ulang. Spesifikasi produk yang dihasilkan dari pengembangan buku ini berupa buku cetak 100 halaman berukuran 21x21cm menggunakan artpaper 120gr isi buku terdiri dari materi sampah karakteristik plastik alat dan bahan teknik-teknik dasar langkah-langkah pembuatan karya daur ulang soal-soal latihan galeri foto-foto hasil karya daur ulang dan secara keseluruhan disusun menggunakan software adobe photoshop cs3. Disarankan bagi pengembang selanjutnya dalam mengembangkan buku hendaknya mempertimbangkan evaluasi yang telah dilakukan selama mengembangkan buku ini untuk dijadikan sebagai referensi dalam membuat buku yang lebih inovatif lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item