Kinerja guru seni budaya pada kompetensi pedagogik di sekolah menengah pertama negeri se-kota Mojokerto tahun 2012/2013 / Akhmad Khambali - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru seni budaya pada kompetensi pedagogik di sekolah menengah pertama negeri se-kota Mojokerto tahun 2012/2013 / Akhmad Khambali

Khambali, Akhmad (2013) Kinerja guru seni budaya pada kompetensi pedagogik di sekolah menengah pertama negeri se-kota Mojokerto tahun 2012/2013 / Akhmad Khambali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci guru seni budaya kinerja guru kompetensi pedagogik. Guru merupakan faktor utama yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa merasa nyaman dalam menuntut ilmu bersamanya. Banyak permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru khususnya guru seni budaya salah satunya adalah terkait kompetensi guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya sebagai tenaga pendidik disuatu lembaga pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru seni budaya pada kompetensi pedagogik di SMPN se-kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi secara objektif tentang kinerja guru seni budaya pada kompetensi pedagogik di SMPN se-kota Mojokerto. Dimana subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru yang diperoleh dari 9 SMPN di kota Mojokerto dengan menggunakan teknik area sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket. Data hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kemampuan guru dalam kegiatan merancang pembelajaran sudah baik (80 83%) namun guru hampir tidak pernah melibatkan siswanya dalam penyusunan RPP. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sudah baik (80 42%) namun sebagian guru langsung masuk pada materi saat melaksanakan kegiatan pembelajaran serta masih menggunakan bahasa daerah dalam kegiatan pembelajaran. Pemahaman terhadap karakteristik siswa juga sudah baik (76 78%) namun penyampaian pembelajaran dengan kegiatan yang menarik masih sangat jarang dilakukan oleh guru. Pemanfaatan teknologi pembelajaran cukup baik (65 62%) namun jarang sekali guru yang memberikan siswa tugas dengan memanfaatkan media bebasis elektronik seperti internet. Dalam melakukan evaluasi hasil belajar sudah baik (81 94%). Kemudian kemampuan guru dalam kegiatan pengembangan siswa sudah baik (78 12%) namun pembinaan terhadap bakat dan minat siswa dalam kegiatan ekskul masih perlu dioptimalkan lagi. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwasanya kinerja guru seni budaya pada kompetensi pedagogik di SMPN se-kota Mojokerto sudah baik (78 07%). Menindak lanjuti penelitian ini disarankan bagi guru seni budaya untuk terus mengembangkan potensi mengajarnya agar pembelajaran seni budaya menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item