Studi tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran apresiasi karya seni rupa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Situbondo / Lions Firman Rossidy - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran apresiasi karya seni rupa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Situbondo / Lions Firman Rossidy

Rossidy, Lions Firman (2013) Studi tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran apresiasi karya seni rupa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Situbondo / Lions Firman Rossidy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa SMA. Pembelajaran apresiasi seni rupa adalah bagian dari pendidikan seni rupa yang diselenggarakan di Sekolah. Melalui kegiatan apresiasi siswa akan memiliki kepekaan terhadap keindahan dan kesensitifan terhadap karya seni. Dengan demikian siswa akan mampu menghargai menghayati dan mencintai karya seni. Tujuan diberikannya pembelajaran apresiasi seni rupa di Sekolah untuk menumbuhkan kepekaan keberminatan keterlibatan dan kepedulian peserta didik pada substansinya yakni kesenian. Sehingga dapat menanamkan pemahaman pengalaman dan penikmatan terhadap kesenian yang terdapat dalam realitas kehidupan peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang (1) pelaksanaan pembelajaran apresiasi seni rupa pada kelas XI IPS di SMAN 2 Situbondo yang dilaksanakan oleh guru (2) hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran apresiasi (3) sikap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran apresiasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tenik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data sajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan data menggunakan trianggulasi sumber dan informasi kunci (guru mata pelajaran). Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 2 Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk pelaksanaan pembelajaran (a) guru selalu menyusun rencana pembelajaran (RPP) (b) model pembelajaran yang digunakan guru adalah telaah karya dan reproduksi karya (c) pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan problematik dan kesejarahan (d) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah demonstrasi diskusi. (e) media pembelajaran yang digunakan di kelas adalah karya seni lukis siswa dan guru memanfaatkan reproduksi karya seni lukis seniman Indonesia untuk tugas proyek apresiasi. (f) guru menerapkan beberapa jenis keterampilan dalam mengajar (g) guru menggunakan jenis penilaian proyek (penugasan). (2) kendala dalam melaksanakan kegiatan apresiasi adalah (a) sumber dan media pembelajaran masih terbatas (b) kepala Sekolah tidak mengijinkan pelaksanaan metode karya wisata (c) sebagian siswa merasa kesulitan dalam mengapresiasi karya. (3) sikap siswa terhadap pembelajaran apresiasi seni adalah (a) siswa aktif dalam pembelajaran (b) siswa mengapresiasi karya sesuai dengan arahan guru (c) guru berupaya meningkatkan sikap apresiatif siswa melalui kegiatan melukis bebas di tembok pagar Sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran penyediaan sumber dan media pembelajaran segera dibenahi agar tujuan pembelajaran apresiasi dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item