Bismihayati, Zizin (2019) Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur (studi pada peserta didik kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Malang) / Zizin Bismihayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Bismihayati Z.2019. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur (Studi pada Peserta Didik Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudung Ma ruf Nuris S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Evaluasi pembelajaran android praktikum akuntansi. Penilaian dalam kurikulum 2013 peserta didik dikatakan tuntas apabila hasil belajar yang didapatkan memenuhi kriteria ketuntasan minimal untuk setiap ranah yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan. Di era revolusi industri 4.0 guru dituntut untuk menggunakan kecanggihan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satunya guru dapat memanfaatkan android dalam proses evaluasi pembelajaran untuk menghilangkan kejenuhan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media evaluasi pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa dagang dan manufaktur untuk kelas XI AKL menguji kelayakan media evaluasi pembelajaran berbasis android dari ahli media ahli materi dan pengguna aplikasi serta menguji keefektifan dari media evaluasi pembelajaran berbasis android.Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall dengan melalui beberapa langkah antara lain (1) Studi pendahuluan (2) Perencanaan (3) Desain produk (4) Validasi ahli (5) Revisi hasil validasi ahli (6) Uji coba produk terbatas (7) Revisi produk dan (8) Produk akhir. Kelayakan dari media evaluasi pembelajaran berbasis android diambil dari total persentase dari angket yang disebar sedangkan keefektifan media evaluasi pembelajaran android diukur melalui uji eksperimen kelas yang menggunakan model one grup sample pretest-posttest. Hasil penilaian dari validasi ahli materi ahli media serta pengguna aplikasi menunjukkan bahwa media evaluasi pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan sebagai pelengkap proses pembelajaran dengan hasil persentase rata-rata sebesar 90 80%. Hasil eksperimen yang dilakukan pada kelas XI AKL 3 dengan menggunakan model one grup sample pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil rata-rata nilai prestest sebesar 78 79 dan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 81 27. Dari Tabel uji Paired Sample T Test menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0 005 lebih kecil dari 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media evaluasi pembelajaran berbasis android efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.Saran diseminasi untuk penelitian ini adalah sebelum menggunakan media evaluasi pembelajaran ini sekolah/pengguna lain sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan kemampuan peserta didik dan kelengkapan sarana dan prasarana yang ada. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian ini adalah sebaiknya untuk pengembangan media evaluasi pembelajaran berbasis android selanjutnya dilengkapi dengan soal subyektif dan tidak hanya menguukur aspek pengetahuan melainkan juga aspek keterampilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126326 |
Actions (login required)
View Item |