Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web dengan adobe dreamweaver CS3 untuk meningkatkan kemahiran membaca dan menulis siswa kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri / Moh. Rizal Amir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web dengan adobe dreamweaver CS3 untuk meningkatkan kemahiran membaca dan menulis siswa kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri / Moh. Rizal Amir

Amir, Moh. Rizal (2019) Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web dengan adobe dreamweaver CS3 untuk meningkatkan kemahiran membaca dan menulis siswa kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri / Moh. Rizal Amir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amir Moh Rizal. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS3 untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca dan Menulis Siswa Kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Nurhidayati M.Pd (II) Moh.Ahsanuddin S.Pd M.Pd. Kata kunci media pembelajaran membaca dan menulis kelas XI MA Dalam mempelajari bahasa Arab terdapat empat keterampilan inti yang hendak dicapai dalam proses belajar-mengajar di dalam maupun di luar kelas baik untuk jenjang Madarasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah yaitu keterampilan menyimak berbicara membaca dan menulis. Membaca dan menulis merupakan dua di antara empat keterampilan berbahasa yang mendapat perhatian para ahli dan peneliti bahasa karena keduanya memiliki hubungan yang signifikan dalam pengaplikasian proses belajar-mengajar. Oleh karena itu dalam pengajaran bahasa Arab diperlukan upaya yang besar untuk melatihkan keterampilan ini sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif efektif dan efisien salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dengan Adobe Dreamweasver CS3. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan produk media pembelajaran membaca dan menulis dalam bahasa Arab berbasis Adobe Dreamweaver CS3 untuk siswa kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri (2) menjelaskan penggunaan produk media pembelajaran membaca dan menulis dalam bahasa Arab berbasis Adobe Dreamweaver CS3 untuk siswa kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian dan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall serta menggunakan model prosedural dalam pelaksanaan penelitian maupun penulisan data hasil penelitian tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) desain media (3) pengembangan media (4) validasi ahli dan revisi dan (5) uji coba lapangan dan revisi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran membaca dan menulis berbasis Adobe Dreamweaver CS3 untuk siswa kelas XI IPA Unggulan MAN 3 Kota Kediri. Media pembelajaran tersebut terdiri atas 3 komponen yaitu (a) menu mencakup tombol detail materi profil ucapan terima kasih dan petunjuk (b) isi mencakup 2 judul materi yaitu al-maro fi qul a mmah dan al-kahroba u setiap judul dikembangkan ke dalam 4 bagian yaitu kosakata latihan kosakata materi soal puzzle pilihan ganda dan (c) pendukung berupa gambar-gambar penjelas kosakata dan latihan serta rekaman audio dari teks ataupun kosakata. Persentase yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan baik di luar maupun di dalam lapangan adalah sebagai berikut berdasarkan hasil uji ahli materi yaitu 78 3% hasil dari uji ahli media adalah 91 25% hasil uji dari guru mata pelajaran bahasa Arab 95% dan hasil jawaban siswa diperoleh 81 44%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dan siswa sebelum menerapkan media dalam pembelajaran hendaknya memahami dengan benar petunjuk-petunjuk media berbasis Adobe Dreamweaver CS3 agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Disarankan agar lembaga pendidikan MA maupun SMA menggunakan media ini sebagai media pembelajaran interaktif dalam jenjang waktu dan kelas yang berbeda di tingkatannya khususnya pada materi membaca dan menulis. Peneliti selanjutnya disarankan agar mengembangkan materi untuk keterampilan yang lain seperti menyimak/istima dan berbicara/kala m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122836

Actions (login required)

View Item View Item