Virgiawan, Yunas (2015) Penggunaan media pembelajaran bahasa Jerman berbasis android "Toll!!! Deutsch Lernen Mit Spab" pada siswa kelas X lintas minat di SMAN 9 Malang / Yunas Virgiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Virgiawan Yunas. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Android TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPA 946 Pada Siswa Kelas X Lintas Minat di SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Desti Nur Aini S.S M.Pd. (II) Iwa Sobara S.Pd M.A. Kata Kunci Media pembelajaran android TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPA 946 Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 9 Malang siswa terlihat kurang berminat dalam belajar bahasa Jerman. Hal ini terjadi karena kurangnya pemakaian media yang kreatif serta menarik oleh pengajar. Guru lebih sering menggunakan cara klasik dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa yaitu berupa hanya penyampaian materi secara lisan di depan kelas. Aplikasi android TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPA 946 merupakan media pembelajaran bahasa Jerman untuk pemula dan dapat diunduh melalui aplikasi playstore pada gadget berbasis android. Media ini menarik untuk digunakan pada pembelajaran bahasa Jerman karena aplikasi dirancang dalam bentuk permainan sekaligus pembelajaran bagi pemakainya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan dan hasil penggunaan media pembelajaran bahasa Jerman berbasis android TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPA 946 pada siswa kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas X Lintas Minat Tahun Ajaran 2014/2015 di SMAN 9 Malang. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan angket berfungsi untuk mengetahui bagaimana penggunaan media TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPA 946 dan hasilnya terhadap pembelajaran bahasa Jerman. Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis hasil observasi dan angket. Data hasil observasi dan angket dianalisis dalam penelitian ini dengan dipaparkan secara deskriptif yaitu dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa media TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPA 946 menarik untuk diterapkan pada siswa kelas X dengan media ini membuat siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam proses pembelajaran bahasa Jerman. Selain itu media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman terhadap materi. Pada media TOLL DEUTSCH LERNEN MIT SPASS juga terdapat gambar yang menarik dan suara sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11972 |
Actions (login required)
View Item |