Maulina, Mufida Nur (2013) Penggunaan metode riset field trip dalam pembelajaran menulis mahasiswa pada matakuliah aufsatz II Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Mufida Nur Maulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Maulina Mufida Nur. 2013. Penggunaan Metode Riset Field Trip dalam Pembelajaran Menulis Mahasiswa pada Matakuliah Aufsatz II Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M.Pd (II) Dudy Syafruddin S.S Kata kunci Metode Riset Field Trip Menulis Aufsatz II Dalam mempelajari keterampilan bahasa terdapat empat komponen yang harus diperhatikan yaitu keterampilan menyimak berbicara membaca dan menulis. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut keterampilan menulislah yang memiliki kesulitan yang lebih kompleks. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menulis diantaranya ide yang menarik kelengkapan isi keterkaitan antarkalimat dan paragraf pemilihan kosa kata serta berbagai aspek yang terkait dengan tata bahasa yang digunakan dalam kalimat tersebut. Berbagai kesulitan tersebut banyak dijumpai pada matakuliah Aufsatz II. Oleh karena itu dibutuhkan suatu solusi agar kesulitan tersebut dapat diselesaikan salah satunya dengan menggunakan metode riset field trip. Metode ini merupakan salah satu metode yang dapat mempermudah mahasiswa dalam mengembangkan karangan karena mahasiswa memperoleh bahan untuk karangannya dengan cara melihat keadaan objek secara langsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode riset field trip dalam pembelajaran menulis mahasiswa offering B angkatan 2011 pada matakuliah Aufsatz II Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara dan hasil karangan mahasiswa sebagai data yang dianalisis. Karangan mahasiswa dianalisis kelengkapannya dengan menggunakan unsur 6W (Wer Wo Wann Was Warum dan Wie). Selanjutnya karangan dinilai menggunakan kriteria penilaian Bahasa Jerman Niveau B1 yaitu Ber cksichtigung der Leitpunkte Kommmunikative Gestaltung dan Formale Richtigkeit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode riset field trip merupakan suatu metode yang efektif untuk mengembangkan kemampuan menulis mahasiswa. Mahasiswa merasa terbantu dengan penggunaan metode riset field trip ini karena mahasiswa dapat memperoleh isi karangan melalui wawancara dengan narasumber secara langsung. Selain itu berdasarkan analisis kelengkapan unsur 6W karangan mahasiswa setelah menggunakan metode ini tergolong baik. Namun jika dilihat dari kriteria penilaian Bahasa Jerman Niveau B1 karangan mahasiswa tergolong cukup. Saran bagi peneliti selanjutnya jika menggunakan penelitian ini sebagai pengembangan adalah perlunya waktu yang lebih untuk melakukan wawancara dan observasi secara mendalam agar data yang didapatkan lebih baik. Kemudian penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu metode bagi dosen untuk mendapatkan kualitas karangan mahasiswa yang sangat baik dan mahasiswa dapat merasakan cara pembelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11896 |
Actions (login required)
View Item |