Pengaruh gaya belajar siswa kelas XI terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Jerman SMA Negeri 5 Malang / Yesi Dyan Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar siswa kelas XI terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Jerman SMA Negeri 5 Malang / Yesi Dyan Puspitasari

Puspitasari, Yesi Dyan (2013) Pengaruh gaya belajar siswa kelas XI terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Jerman SMA Negeri 5 Malang / Yesi Dyan Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Yesi Dyan. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Siswa Kelas XI terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. (2) Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata Kunci gaya belajar prestasi belajar pembelajaran bahasa Jerman Gaya belajar adalah cara yang bervariasi dan konsisten yang dimiliki oleh siswa dalam proses berpikir atau mengolah informasi dan memecahkan soal. Secara umum gaya belajar dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu visual auditorial dan kinestetik. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran bahasa Jerman di kelas XI SMAN 5 Malang yaitu terdapat perbedaan perilaku belajar siswa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua siswa dapat mengenali gaya belajar mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh gaya belajar siswa kelas XI SMAN 5 Malang terhadap prestasi siswa pada mat pelajaran bahasa Jerman. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif. Pengu n data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan angket (kues ). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Chi Kuadrat ( Berdasarkan hasil analisis data angket diketahui bahwa siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yaitu visual auditorial dan kinestetik. Sebagian besar siswa memiliki gaya belajar visual. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas XI SMAN 5 Malang yang mengikuti pembelajaran bahasa Jerman sebagai mata pelajaran pilihan keterampilan berbahasa asing memiliki nilai rata-rata di atas standar kelulusan minimal sehingga dapat diketahui bahwa siswa memiliki prestasi belajar yang cukup baik. Namun gaya belajar tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 5 Malang. Hal ini diduga ada faktor-faktor lain di luar variabel bebas yang diteliti berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item