Penerapan ruckendiktat dalam pembelajaran bahasa Jerman kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang / Lailatul Rochmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan ruckendiktat dalam pembelajaran bahasa Jerman kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang / Lailatul Rochmania

Rochmania, Lailatul (2013) Penerapan ruckendiktat dalam pembelajaran bahasa Jerman kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang / Lailatul Rochmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rochmania Lailatul. 2013. Penerapan R ckendiktat untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas XI-KT SMA Negeri 1 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Edy Hidayat S.Pd M.Hum. Kata Kunci Pembelajaran Bahasa Jerman R ckendiktat Keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah mencakup empat keterampilan yaitu keterampilan mendengar berbicara membaca dan menulis. Setiap keterampilan tersebut berhubungan sangat erat antara satu keterampilan dengan keterampilan yang lainnya. Berdasarkan hasil observasi selama peneliti menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Malang ditemukan bahwa guru bidang studi bahasa Jerman telah menerapkan beberapa metode dalam pembelajaran. Namun kebanyakan dari metode-metode tersebut hanya menekankan pada keterampilan berbicara saja. Padahal pada pembelajaran komunikatif keempat keterampilan berbahasa sama pentingnya untuk diajarkan kepada peserta didik. R ckendiktat adalah salah satu bentuk variasi dikte yang dapat digunakan dalam pembelajaran komunikatif. Melalui R ckendiktat beberapa keterampilan bahasa peserta didik diajarkan secara terintegrasi. R ckendiktat dilakukan secara berpasangan. Peserta didik duduk saling membelakangi satu sama lain dan secara bergantian mendiktekan teks singkat kepada pasangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan R ckendiktat dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas XI KT SMA Negeri 1 Malang dan hasil belajar peserta didik kelas XI KT dengan menggunakan R ckendiktat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi hasil tes dan hasil wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI KT yang berjumlah 26 orang. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci sedangkan instrumen pendukungnya adalah lembar observasi teks singkat yang harus diisi dengan kata yang tepat dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa R ckendiktat efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Hal ini terbukti selama penerapan R ckendiktat berlangsung peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran. R ckendiktat juga dapat meningkatkan solidaritas kelompok sehingga peserta didik dapat bekerja sama dengan baik dengan pasangannya. Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan bahwa peserta didik telah memahami materi yang diajarkan oleh guru sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11889

Actions (login required)

View Item View Item