Pratama, Cahaya Nilawati (2013) Penerapan pendidikan karakter oleh guru dalam pengajaran bahasa Jerman di SMAN 8 Malang (studi kasus) / Cahaya Nilawati Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pratama Cahaya Nilawati. 2012. Penerapan Pendidikan Karakter oleh Guru dalam Pengajaran Bahasa Jerman di SMAN 8 Malang (Studi Kasus). Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. (2) Edy Hidayat S.Pd M.Hum. Katakunci pendidikan karakter Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut pemerintah melakukan perubahan dalam berbagai aspek. Khususnya dalam aspek pendidikan pemerintah berusaha mencetak lulusan yang berkualitas dan berkarakter positif. Usaha yang dilakukan pemerintah antara lain menyempurnakan kurikulum yang ada. Pemerintah juga melakukan usaha menerapkan pendidikan karakter dalam KTSP untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Berkenaan dengan usaha-usaha tersebut peneliti melakukan penelitian tentang penerapan pendidikan karakter dalam pengajaran bahasa Jerman di SMAN 8 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran yang meliputi silabus dan RPP dan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 8 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sebagai subjek utama dan siswa sebagai subjek pendukung penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi lembar dokumentasi dan panduan wawancara. Proses analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data mendeskripsikan dan menganalisis data kemudian menyusun kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi nilai karakter yang terlihat dalam perangkat pembelajaran. Guru mencantumkan beberapa nilai karakter dalam perangkat pembelajaran tetapi dalam kegiatan pembelajaran nilai karakter yang terlihat lebih bervariasi. Namun hanya beberapa nilai karakter yang selaras versi Depdikbud. Hal ini menunjukkan bahwa guru atau sekolah bisa menambah nilai karakter yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Namun tidak semua nilai karakter dimasukkan dalam perangkat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11867 |
Actions (login required)
View Item |