Ola, Selestina Dai (2013) Penggunaan teknik B-G-T dalam pengajaran keterampilan menulis siswa kelas XII KBAS SMA Negeri 8 Malang / Selestina Dai Ola. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Menulis. Teknik B-G-T Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang paling kompleks karena dalam KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) siswa kelas XII diharapkan mampu mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan dialog sederhana tentang tema-tema tertentu. Tema tersebut antara lain kehidupan keluarga. Teknik B-G-T adalah sebuah teknik yang berorientasi pada aktivitas siswa. Dengan tahapan-tahapan teknik B-G-T yang diawali dengan tahap membaca menggunting kemudian menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan hasil penggunaan teknik B-G-T pada siswa kelas XII KBAS SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari data hasil observasi data angket dan data hasil tes menulis siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan teknik B-G-T membuat siswa bersemangat dan aktif. Hal itu juga terlihat dari perolehan skor 4 yang berarti sangat baik. Dari hasil angket diketahui bahwa sebanyak 57% siswa merasa terbantu dalam menulis kalimat dengan menggunakan teknik B-G-T dan sebanyak 71% siswa menyatakan bahwa teknik B-G-T mudah untuk diterapkan. Dari hasil tes diketahui bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 81 29. Berdasarkan hal tersebut berarti siswa telah memahami materi pembelajaran bahasa Jerman dengan baik sesuai Standar Ketuntasan Minimum di SMA Negeri 8 Malang yaitu 78.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11865 |
Actions (login required)
View Item |