Pengembangan media pembelajaran kuis interaktif berbasis komputer untuk keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Dampit tahun ajaran 2011-2012 / Nikmatu Rohma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kuis interaktif berbasis komputer untuk keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Dampit tahun ajaran 2011-2012 / Nikmatu Rohma

Rohma, Nikmatu (2012) Pengembangan media pembelajaran kuis interaktif berbasis komputer untuk keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Dampit tahun ajaran 2011-2012 / Nikmatu Rohma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran kuis interaktif keterampilan membaca Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Media pembelajaran terdiri dari dua jenis yaitu konvensional dan digital. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru bahasa Jerman SMA Negeri 1 Dampit diketahui bahwa guru hanya menggunakan media konvensional dalam proses pembelajarannya khususnya pada keterampilan membaca. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran kurang variatif dan monoton serta banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Jerman terutama dalam memahami teks bahasa Jerman. Oleh karena itu pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran dalam bentuk kuis interaktif berbasis komputer bertampilan flash. Pengembangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model pengembangan hasil adaptasi dari model desain pembelajaran Sugiyono (2006). Prosedur dilakukan melalui tujuh langkah yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk. Adapun sumber data untuk mengetahui uji kelayakannya dilakukan oleh empat ahli yang meliputi ahli materi ahli media dan dua orang praktisi pembelajaran bahasa Jerman. Uji kelayakan tersebut juga dilakukan oleh guru dan siswa. Uji kelayakan siswa dibagi menjadi tiga tahap yaitu uji satu lawan satu oleh 3 siswa kelas XI IPS 3 uji kelompok kecil oleh 10 siswa kelas XI IPA 4 dan uji kelompok besar sebagai subjek sasaran oleh 29 siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Dampit. Data diperoleh melalui wawancara observasi dan angket. Data angket dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jerman secara efektif dan efisien dengan sedikit revisi. Menurut ahli materi media tersebut dapat dikatakan valid dengan persentase sebesar 97 92% sedangkan ahli media berpendapat bahwa media tersebut cukup valid dengan persentase 68 75%. Selanjutnya kedua praktisi pembelajaran bahasa Jerman menyatakan bahwa media pembelajaran tersebut telah mencapai kevalidan dengan rata-rata persentase sebesar 89 77% dan ketiga kelompok uji coba siswa berpendapat bahwa media tersebut valid dengan rata-rata persentase 86 2%. Demi menyempurnakan media pembelajaran ini pengembang menyarankan kepada pengembang selanjutnya untuk dapat mengembangkan media pembelajaran dengan tema dan keterampilan berbahasa lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item