Pengembangan model pembelajaran ekonomi berdasar asas kekeluargaan / Fahimul Amri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran ekonomi berdasar asas kekeluargaan / Fahimul Amri

Amri, Fahimul (2019) Pengembangan model pembelajaran ekonomi berdasar asas kekeluargaan / Fahimul Amri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amri Fahimul. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Berdasar Asas Kekeluargaan. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A. M.Si. (2) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (3) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja M.P. Ak. Kata Kunci model pembelajaran ekonomi asas kekeluargaan Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan permasalahan dan kebutuhan pembelajaran ekonomi yang memuat nilai-nilai asas kekeluargaan (2) menghasilkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran ekonomi berdasar asas kekeluargaan dan (3) menguji keefektifan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran ekonomi berdasarkan asas kekeluargaan. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR). Ada empat langkah yang dilalui yaitu (1) analisis masalah dan identifikasi kebutuhan (2) pengembangan produk model pembelajaran (3) pengujian dan penyempurnaan produk model pembelajaran dan (4) refleksi produk akhir model pembelajaran ekonomi berdasarkan asas kekeluargaan. Jenis data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket meliputi (1) data hasil survey kepada guru dan siswa (2) data hasil uji validasi ahli dan (3) data hasil respon guru dan siswa. Data kuantitatif yang diperoleh melalui pedoman observasi adalah data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan data hasil observasi sikap sosial siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dalam bentuk tes uraian. Data kualitatif diperoleh melalui pelaksanaan FGD dan saran dan masukan yang diberikan oleh ahli pada saat uji validasi ahli. Desain uji coba dalam penelitian ini adalah uji validasi ahli untuk mengetahui tingkat kevalidan produk model yang dihasilkan sebelum dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba secara luas. Subjek uji validasi ahli adalah ahli teknologi pembelajaran dan ahli pembelajaran ekonomi. Subjek dalam uji coba skala kecil adalah guru dan siswa kelas X IPS 1 di SMAN 3 Jombang. Subjek dalam uji coba secara luas adalah guru dan siswa kelas X IPS 2 di SMAN Jogoroto Jombang siswa kelas X IPS 3 di SMAN Ploso Jombang dan siswa kelas X IPA 1 di SMAN 2 Jombang. Untuk menguji tingkat keefektifan model pembelajaran ekonomi yang telah dihasilkan maka produk model pembelajaran diterapkan ke dalam proses pembelajaran dengan menggunakan penelitian tindakan. Analisis data deskriptif kualitatif dilakukan terhadap hasil FGD untuk analisis masalah dan identifikasi kebutuhan. Analisis data deskriptif kuantitatif dilakukan terhadap hasil data survey uji validasi ahli dan data uji keefektifan model pembelajaran pada uji coba skala kecil dan uji coba secara luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran ekonomi selama ini belum maksimal dalam menanamkan ideologi ekonomi kebangsaan termasuk adalah nilai-nilai asas kekeluargaan yang sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya bangsa. Asas kekeluargaan memuat pendidikan karakter dan ekonomi kebangsaan. Bahan ajar yang ada belum memadai dalam memasukkan nilai-nilai asas kekeluargaan. Guru sependapat apabila nilai-nilai asas kekeluargaan dapat ditanamkan kepada siswa melalui internalisasi nilai-nilai tersebut ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk dalam bentuk (1) model pembelajaran yang terdiri dari lima komponen (a) sintaks yang terdiri dari tahapan orientasi persiapan aturan pelaksanaan dan seleksi tim pelaksanaan kegiatan serta kesimpulan dan refleksi (b) sistem sosial (c) prinsip reaksi (d) sistem pendukung dan (e) dampak pembelajaran. Kelima komponen tersebut dijabarkan ke dalam skenario langkah-langkah pembelajaran ekonomi serta prosedur kerja kelompok dan skenario pemeranan. (2) Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar media pembelajaran dan instrumen/alat evaluasi pembelajaran dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS) dan pedoman observasi. Pedoman observasi terdiri dari pedoman observasi aktivitas guru dan siswa serta pedoman observasi sikap sosial. Hasil uji validasi ahli terhadap kelayakan model pembelajaran menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil uji validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran yang meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar media pembelajaran dan instrumen evaluasi belajar juga menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil uji keefektifan dalam uji coba skala kecil terhadap aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru menunjukkan kriteria terlaksana dengan sangat baik. Hasil tanggapan guru dalam uji coba skala kecil terhadap model pembelajaran ekonomi menunjukkan kriteria sangat positif dan terhadap perangkat pembelajaran yang meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar media pembelajaran dan instrumen evaluasi pembelajaran juga menunjukkan kriteria sangat positif. Hasil uji keefektifan pada uji coba skala kecil berdasarkan penilaian terhadap aktivitas belajar dan sikap sosial siswa secara klasikal telah menunjukkan hasil dengan kriteria sangat aktif/sangat baik kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran ekonomi secara klasikal telah memenuhi kriteria dan hasil respon siswa terhadap model pembelajaran pada uji coba skala kecil menunjukkan kriteria positif. Hasil uji keefektifan model pembelajaran dalam uji coba secara luas berdasarkan aktivitas guru menunjukkan hasil dengan kriteria terlaksana dengan baik. Hasil tanggapan guru terhadap model pembelajaran ekonomi dalam uji coba secara luas menunjukkan kriteria sangat positif. Tanggapan guru terhadap perangkat pembelajaran yang meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar media pembelajaran dan instrumen evaluasi pembelajaran menunjukkan kriteria sangat positif. Hasil uji keefektifan pada uji coba secara luas berdasarkan observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan sikap sosial menunjukkan hasil dengan kriteria sangat aktif/sangat baik hasil kemampuan kognitif siswa menunjukkan bahwa secara klasikal telah memenuhi kriteria dan hasil tanggapan siswa terhadap model pembelajaran pada uji coba luas menunjukkan hasil dengan kriteria sangat positif. Dengan demikian model pembelajaran ekonomi berdasar asas kekeluargaan menghasilkan produk model pembelajaran dalam bentuk model pembelajaran dan perangkat pembelajaran ekonomi yang memuat nilai-nilai asas kekeluargaan dan sudah teruji valid dan efektif. Agar model pembelajaran dimanfaatkan untuk meningkatkan pendidikan karakter dan literasi ekonomi kebangsaan kepada siswa dapat dimanfaatkan sebagai referensi dan kajian empiris untuk penelitian dan pengembangan lanjutan dan ekonomi kekeluargaan dapat diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan disebarluaskan ke lingkungan sosial sekitar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115877

Actions (login required)

View Item View Item