The effect of collaborative feedback on students' writing performance across English proficiency level / Herlinawati - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of collaborative feedback on students' writing performance across English proficiency level / Herlinawati

Herlinawati (2019) The effect of collaborative feedback on students' writing performance across English proficiency level / Herlinawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Herlinawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Umpan Balik Kolaboratif Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Tingkat Kemahiran Berbahasa Inggris yang Berbeda. Dissertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (III) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL. M.Pd. Kata Kunci Kolaboratif Umpan Balik Kemampuan Menulis Tingkat Kemahiran berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah penggunaan dua tipe strategi umpan balik kolaboratif berpengaruh pada peningkatan kemampuan menulis mahasiswa. Secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pengaruh umpan balik kolaboratif antara mahasiswa-mahasiswa dengan mahasiswa-dosen pada peningkatan kemampuan menulis mahasiswa tergantung pada tingkat kemahiran berbahasa Inggris Secara spesifik rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh signifikan dalam penggunaan strategi umpan balik kolaboratif terhadap peningkatan kemampuan menulis mahasiswa 2) Apakah ada pengaruh signifikan dari tingkat kemahiran berbahasa Inggris terhadap peningkatan kemampuan menulis mahasiswa 3) Apakah ada pengaruh signifikan antara strategi umpan balik kolaboratif dan tingkat kemahiran berbahasa Inggris terhadap peningkatan kemampuan menulis mahasiswa 4) Apakah ada pengaruh interaksi antara penggunaan strategi umpan balik kolaboratif dengan tingkat kemahiran berbahasa Inggris terhadap kemampuan menulis mahasiswa Untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi-eksperimen hanya pasca-uji dengan menggunakan pembanding dan desain faktorial. Aplikasi umpan balik kolaboratif antar mahasiswa-mahasiswa dan mahasiswa-dosen adalah variabel bebas pertama dan tingkat kemahiran berbahasa adalah variabel bebas kedua. Sebanyak empat puluh delapan (48) mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lancang Kuning dilibatkan dalam penelitian ini. Secara acak mereka dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu kelompok 1 (12 mahasiswa) adalah kelompok mahasiswa dengan tingkat kemahiran berbahasa Inggris tinggi yang menggunakan metode kolabotif umpan balik mahasiswa-mahasiswa kelompok 2 (14 mahasiswa) adalah kelompok mahasiswa dengan tingkat kemahiran berbahasa Inggris rendah yang menggunakan metode umpan balik kolabotif mahasiswa-mahasiswa kelompok 3 (14 mahasiswa) adalah kelompok mahasiswa dengan tingkat kemahiran berbahasa Inggris tinggi yang menggunakan metode umpan balik kolabotif mahasiswa-dosen dan kelompok 4 (8 mahasiswa) adalah kelompok mahasiswa dengan tingkat kemahiran berbahasa Inggris rendah yang menggunakan metode umpan balik kolabotif mahasiswa-dosen. Masing-masing kelompok menggunakan format umpan balik kolaboratif sebagai perlakuan dan setiap mahasiswa menulis sebuah naskah argumentatif berdasarkan intruksi tes menulis. Hasil olah data statistik pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi strategi umpan balik kolaboratif antara mahasiswa-mahasiswa vs. mahasiswa-dosen yang menunjukkan hasil signifikan F (1 44) 4.06 p .008. Dari tingkat signifikansi dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pasca-uji untuk kelompok umpan balik kolaboratif mahasiswa-dosen adalah lebih tinggi dari pada nilai rata-rata tes pasca-uji umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa (81.63 vs. 75.25). Hasil analisis statistik kedua menunjukkan adanya pengaruh tingkat kemahiran berbahasa Inggris (tinggi vs. rendah) pada kemampuan menulis mahasiswa adalah tidak signifikan F (1 44) 4.06 p .621 (p 8805 945 ). Hasil analisis signifikansi menunjukkan bahwa nilai rata-rata pasca uji untuk tingkat kemahiran berbahasa Inggris tinggi dan rendah adalah tidak berbeda secara signifikan (78.61 vs. 77.86). Hasil analisis statistik selanjutnya adalah bahwa pengaruh implementasi strategi umpan balik kolaboratif antara mahasiswa-mahasiswa vs. mahasiswa-dosen dan tingkat kemahiran berbahasa Inggris adalah tidak signifikan F (1 44) 4.06 p .23. Artinya penggunaan strategi umpan balik kolaboratif untuk menngkatkan kemampuan menulis mahasiswa tidak dipengaruhi oleh tingkat kemahiran berbahasa Inggris. Hasil analisis statistik yang keempat untuk perhitungan interaksi antara implementasi strategi umpan balik kolaboratif dan tingkat kemahiran berbahasa Inggris adalah tidak signifikan terlihat pada skor akhir menulis F (1 44) 4.06 p .226 (p 8805 945 ) 945 5% 951 p2 .033 dan observed power .225.. Hal ini bermakna bahwa nilai rata-rata pasca-uji antara tipe umpan balik kolaboratif dan tingkat kemahiran berbahasa Inggris dari kelompok umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa (level tinggi) kelompok umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa (level rendah kelompok umpan balik kolaboratif mahasiswa-dosen (level tinggi) dan kelompok umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa (level rendah) adalah tidak berbeda signifikan (77.27 73.51 80.62 and 82.21). Hasil analisis statistik menjawab formulasi masalah penelitian. Pertama bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam implementasi strategi umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa vs. mahasiswa-dosen pada kemampuan menulis mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh strategi umpan balik kolaboratif mahasiswa-dosen adalah lebih efektif daripada strategi umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa pada kemampuan menulis mahasiswa. Nilai rata-rata pasca-uji kelompok mahasiswa yang menggunakan strategi umpan balik kolaboratif mahasiswa-dosen lebih tinggi dibanding dengan kemompok umpan balik kolaboratif mahasiswa-mahasiswa. Temuan yang kedua adalah bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari tingkat kemahiran berbahasa Inggris pada kemampuan menulis mahasiswa. Perbedaan kemampuan menulis mahasiswa tidak berbeda secara signifikan meskipun dengan tingkat kemahiran berbahasa tinggi atau rendah. Hasil analisis statistik ketiga adalah bahwa pengaruh implementasi strategi umpan balik kolaboratif antara mahasiswa-mahasiswa vs. mahasiswa-dosen dan tingkat kemahiran berbahasa Inggris adalah tidak signifikan. Perbedaan kemampuan menulis mahasiswa tidak berbeda signifikan meskipun menggunakan strategi umpan balik kolaboratif and tingkat kemahiran berbahasa Inggris yang berbeda. Hasil analisis statistik keempat adalah tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara variabel bebas pertama dan kedua sehingga implikasinya adalah pengaruh penggunaan kolaboratif umpan balik (mahasiswa-mahasiswa vs. mahasiswa-guru) pada kemampuan menulis naskah argumentasi tidak ditentukan oleh tingkat kemahiran berbahasa Inggris. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan meskipun strategi umpan balik kolaboratif digunakan oleh mahasiswa dengan tingkat kemahiran tinggi atau rendah. Hasil temuan penelitian ini memberikan beberapa saran kepada dosen pengampu mata kuliah menulis dan peneliti selanjutnya. Bagi dosen pengampu mata kuliah menulis tipe umpan balik kolaboratif mahasiswa-dosen dapat diimplementasikan sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan kemampuan menulis yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen dapat mengimplementasikan strategi umpan balik kolaboratif melalui aktivitas interaksi yang jelas dan mudah difahami sehingga akan memudahkan mahasiswa untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi permasalahan dalam menulis untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menginvestigasi implementasi strategi umpan balik kolaboratif secara online. Peneliti juga diharapkan untuk menginvestigasi pola pengelempokan faktor tingkat kemahiran berbahasa Inggris yang sama ataupun berbeda serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penggunaan strategi umpan balik kolaboratif dalam pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115537

Actions (login required)

View Item View Item