Minat, motivasi, dan persepsi siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari Malang tahun ajaran 2017/2018 / Itsna Roihanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat, motivasi, dan persepsi siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari Malang tahun ajaran 2017/2018 / Itsna Roihanah

Roihanah, Itsna (2018) Minat, motivasi, dan persepsi siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari Malang tahun ajaran 2017/2018 / Itsna Roihanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Roihanah Itsna. 2018. Minat Motivasi dan Persepsi Siswa Kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab di MA Almaarif Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ahmad Tohe M.A. Ph.D (2) Moh. Ahsanuddin S.Pd. M.Pd. Kata kunci minat motivasi persepsi jurusan dan mata pelajaran Bahasa Arab. Minat motivasi dan persepsi adalah faktor-faktor psikis yang mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku siswa dalam belajar. Dimana pun siswa itu berada baik di dalam kelas maupun di luar kelas jika ia memiliki minat motivasi dan persepsi yang baik terhadap pelajaran bahasa Arab maka akan terus semangat mempelajari dan mengamalkan bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang penting dan bermanfaat di masa depannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) minat siswa siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap mata pelajaran bahasa Arab di MA Almaarif Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018 (2) motivasi siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap mata pelajaran bahasa Arab di MA Almaarif Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018 (3) persepsi siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap mata pelajaran bahasa Arab di MA Almaarif Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018 dan (4) pengaruh minat motivasi dan persepsi siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab di MA Almaarif Singosari Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MA Almaarif Singosari Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket berskala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa dan XI IPA MA Almaarif Singosari Malang. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa (1) minat siswa kelas XI Bahasa terhadap mata pelajaran bahasa Arab adalah 90% positif dan 10% negatif sedangkan siswa kelas XI IPA yang memiliki minat terhadap mata pelajaran bahasa Arab sebanyak 78% positif dan 22% negatif. (2) Motivasi siswa kelas XI Bahasa terhadap mata pelajaran bahasa Arab adalah 75% positif dan 25% negatif sedangkan dari kelas XI IPA sebanyak 65% memiliki motivasi positif terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan sisanya 35% adalah negatif. (3) Persepsi siswa kelas XI Bahasa terhadap pembelajaran bahasa Arab adalah 88% positif dan 12% siswa lainnya memiliki persepsi negatif sedangkan di kelas XI IPA yang memiliki persepsi positif ada 79% siswa dan sisanya yaitu 21% memiliki persepsi negatif. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat motivasi dan persepsi siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab. Terkait minat yaitu 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 (2 310) 119905 119905 119886 119887 119890 119897 (2 05183) dengan nilai signifikan (0 029) 0 05 untuk siswa jurusan Bahasa dan 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 sebesar (2 121) 119905 119905 119886 119887 119890 119897 (2 05183) dengan nilai signifikan (0 044) 0 05 untuk siswa jurusan IPA. Motivasi siswa jurusan Bahasa 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 sebesar (10 616) 119905 119905 119886 119887 119890 119897 (2 05183) dengan nilai signifikan (0 000) 0 05 dan siswa jurusan IPA 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 sebesar (9 387) 119905 119905 119886 119887 119890 119897 (2 05183) dengan nilai signifikan (0 000) 0 05. Sementara persepsi 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 sebesar (2 819) 119905 119905 119886 119887 119890 119897 (2 05183) dengan nilai signifikan (0 009) 0 05 untuk siswa jurusan Bahasa dan vi 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 sebesar (3 322) 119905 119905 119886 119887 119890 119897 (2 05183) dengan nilai signifikan (0 003) 0 05 untuk siswa jurusan IPA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak sekolah hendaknya dapat memaksimalkan fungsinya sebagai lembaga pendidikan dalam hal ini menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk proses pembelajaran bahasa Arab. Seperti menambah media pembelajaran yang dibutuhkan saat pembelajaran berlangsung. Bagi guru bahasa Arab hendaknya senantiasa menerapkan kontekstualisasi pada setiap materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item