Makna upacara tafae bano dalam pengelolaan sumberdaya alam bagi masyarakat Suku Mollo di Desa Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan / Ivony Sarlin Asa - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna upacara tafae bano dalam pengelolaan sumberdaya alam bagi masyarakat Suku Mollo di Desa Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan / Ivony Sarlin Asa

Asa, Ivony Sarlin (2019) Makna upacara tafae bano dalam pengelolaan sumberdaya alam bagi masyarakat Suku Mollo di Desa Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan / Ivony Sarlin Asa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Seran Wolfgang Asindo. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Ditinjau dari gaya Belajar Mahasiswa Geografi. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. (II) Dr. Budi Handoyo M. Si. Kata Kunci Model Outdoor Study berbantuan Video Conference Karya Ilmiah Gaya Belajar. Model outdoor study berbantuan video conference memberikan alternatif/kemudahan dalam pembelajaran geografi pada abad 21 ini yang dilakukan di luar kelas. Model outdoor study berbantuan video conference juga dapat mengarahkan mahasiswa belajar memahami menggunakan smarthphone dan laptop (pembelajaran secara syncronus) secara bersamaan yang didukung dengan aplikasi zoom cloud meeting. Karena dapat melibatkan semua panca indera mahasiswa dalam proses pembelajarannya dimana dapat membebaskan pikiran mahasiswa untuk merasakan mengamati menemukan dan menyimpulkan secara kelompok berdasarkan permasalahan yang diperoleh di lapangan. Setiap mahasiswa dalam mengolah dan memproses informasi yang diperoleh di lapangan dengan caranya masing-masing. Hal ini dipengaruhi oleh gaya belajar visual audiotori dan kinestetik. Implikasi dari ketiga domain gaya belajar tersebut dalam mengolah informasi yang diperoleh di lapangan dengan adanya suatu hasil berupa karya ilmiah (artikel hasil penelitian). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model outdoor study berbantuan video conference terhadap kemampuan menulis karya ilmiah ditinjau dari gaya belajar mahasiswa geografi. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) posttest only control group design menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain yang digunakan menggunakan desain faktorial 2x3. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester II pendidikan geografi Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa kelas eksperimen Off K dan kelas kontrol Off L yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperirnen dan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan analisis dua jalur (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan model pembelajaran outdoor study berbantuan video conference terhadap kemampuan menulis karya ilmiah. Hasil uji hipotesis sebesar 0 035 0 05. (2) ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap kemampuan menulis karya ilmiah. Hasil uji hipotesis sebesar 0 000 0 05. (3) tidak ada interaksi secara signifikan model pembelajaran outdoor study berbantuan video conference dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis karya ilmiah. Hasil uji hipotesis sebesar 0 059 0 05. Rata-rata kemampuan menulis karya ilmiah dan gaya belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran bagi dosen untuk menggunakan model pembelajaran outdoor study berbantuan video conference karena dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dilihat dari gaya belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113824

Actions (login required)

View Item View Item