Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui project based learning di SMA / Kholidya Khulafaur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui project based learning di SMA / Kholidya Khulafaur Rosidah

Rosidah, Kholidya Khulafaur (2019) Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui project based learning di SMA / Kholidya Khulafaur Rosidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosidah Kholidya Khulafaur. 2019. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila Melalui Project Based Learning Di SMA. Tesis Program Pendidikan Ekonomi PascasarjanaUniversitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Si. (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci Ekonomi Pancasila Pembelajaran Ekonomi Project Based Learning Pentingnya pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia sangat perlu dilakukan peninjauan dan rekomendasi melalui Redefinisi Reorientasi dan Redesain. Menurut (Witjaksono 2013) untuk mewujudkan demokrasi ekonomi pancasila maka mulai dari substansi materi pelajaran penggunaan media pembelajaran hingga praktik dalam kegiatan ekonomi haruslah berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Hal ini terkait untuk mengkontekstualisasikan materi dalam matapelajaran Ekonomi seperti yang dirumuskan secara umum dalam KI (1-4). Siswa harus dibekali tidak hanya dengan pengetahuan dan keahlian tetapi juga dengan karakter yang tinggi dan moral yang baik. Upaya yang diambil oleh pemerintah Indonesia yaitu inisiatif revolusi mental untuk generasi muda harus didukung penuh oleh lembaga pendidikan sebagai jalan utama untuk menghasilkan generasi muda yang cerah dengan karakter yang baik. Ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila menawarkan nilai-nilai moral yang komprehensif sebagai referensi untuk membangun karakter generasi muda yang baik secara nasional. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam ideologi negara Pancasila yaitu nilai-nilai ketuhanan kemanusiaan persatuan demokrasi dan keadilan harus diajarkan secara menyeluruh di kelas-kelas dan diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan untuk membangun karakter generasi muda masa depan yang baik (Saiful 2019). Tujuan dilakukannya Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila oleh peneliti adalah (1) untuk menyusun dan mengembangkan desain pembelajaran Ekonomi Pancasila berupa skenario pembelajaran yang mengandung nilai-nilai Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 (2) untuk menghasilkan produk skenario pembelajaran Ekonomi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 Pasal 33 melalui project based learning (3) untuk mengkonstruk pemikiran siswa terkait pembelajaran Ekonomi Pancasila melalui project based learning (4) untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan serta keefektifan produk yang dikembangkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan Design Based Reseach (DBR). Data dikumpulkan dengan analisis dokumen observasi dan wawancara melalui FGI dan diskusi kelompok melalui FGD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) produk pengembangan yang disusun sudah melalui tahap validasi tim ahli sebesar 93% dan praktisi sebesar 88% yang artinya produk skenario pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan (2) Hasil penelitian pengembangan pembelajan Ekonomi Pancasila melalui project based learning ini memberikan hasil positif dilihat dari penilaian dari 3 aspek yaitu pengetahuan sikap dan keterampilan yang menunjukkan hasil rata-rata diatas 70%. Konstruksi pengetahuan siswa berhasil dilakukan dengan baik sesuai tujuan yang ingin dicapai dan ditunjukkan siswa melalui kegiatan FGI (3) Skenario pembelajaran Ekonomi Pancasila ini dapat dipraktikkan secara fleksibel melihat kondisi lingkungan belajar siswa yang artinya skenario pembelajaran ini bisa dimodifikasi sesuai dengan situasi yang terjadi dilapangan (4) Produk pembelajaran yang sudah dikembangkan peneliti dikatakan layak dan efektif untuk diterapkan tetapi masih perlu dikembangkan lagi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada pengguna skenario pembelajaran ini diantaranya (1) Saran untuk pengembangan yang akan dilakukan oleh peneliti selanjutnya adalah eksplorasi lebih dalam terkait praktek kegiatan Ekonomi Pancasila yang bisa dilakukan oleh siswa terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. (2) Pengembangan pembelajaran Ekonomi Pancasila ini diharapkan bisa berkontribusi bagi perbaikan pengelolaan pendidikan khususnya dalam pembelajaran Ekonomi Pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113140

Actions (login required)

View Item View Item