Proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan / Dian Novita Cahyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan / Dian Novita Cahyaningtyas

Cahyaningtyas, Dian Novita (2019) Proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan / Dian Novita Cahyaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningtyas Dian Novita. 2019. Proses Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si (II) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D Kata Kunci Proses Berpikir Berpikir Aljabar Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berpikir aljabar merupakan salah satu jenis berpikir yang sangat penting dan diperlukan dalam belajar matematika. Salah satu tugas guru matematika adalah memperjelas proses berpikir siswa dalam mempelajari matematika dengan tujuan memperbaiki pembelajaran matematika di sekolah. Mengingat pentingnya berpikir aljabar maka perlu adanya penjelasan mengenai proses berpikir aljabar siswa. Pola bilangan merupakan materi yang sering disajikan dalam bentuk masalah non rutin. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pola bilangan baik dalam mengelompokkan informasi memprediksi pola serta menjelaskan bagaimana pola tersebut diperoleh dalam bentuk masalah non rutin. Masalah non rutin dianggap sulit oleh sebagian besar siswa karena untuk menyelesaikan masalah non rutin dibutuhkan kreativitas siswa dan originalitas dalam menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar dalam menyelesaikan masalah pola bilangan berdasarkan pandangan Driscoll yang terdiri dari tujuh indikator yaitu (1) mengelompokkan informasi (2) chungking informasi (3) memprediksi pola (4) menjelaskan aturan (5) representasi yang berbeda (6) menggambarkan perubahan (7) membenarkan aturan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data verbal yaitu hasil tes masalah pola bilangan dan hasil wawancara. Oleh karena itu penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Subjek penelitian adalah enam siswa yaitu dua siswa dengan kemampuan matematis tinggi dua siswa dengan kemampuan matematis sedang dan dua siswa dengan kemampuan matematis rendah. Pengelompokkan subjek tersebut berdasarkan dari hasil tes prasyarat terkait konsep pola bilangan. Berdasarkan hasil jawaban dan hasil wawancara dengan keenam subjek penelitian diperoleh bahwa ada tiga siswa yang memenuhi lima indikator proses berpikir aljabar satu siswa yang memenuhi empat indikator proses berpikir aljabar satu siswa yang memenuhi enam indikator proses berpikir aljabar dan satu siswa yang memenuhi tujuh indikator proses berpikir aljabar. Proses berpikir aljabar dari dua siswa kemampuan matematika tinggi diketahui mampu memenuhi lima indikator. Siswa pertama mampu memenuhi indikator mengelompokkan informasi chungking informasi menjelaskan aturan representasi yang berbeda dan menggambarkan perubahan. Siswa pertama kemampuan tinggi menuliskan secara singkat jawaban tes tanpa memberikan penjelasan atau deskripsi yang jelas dari setiap langkah-langkah penyelesaian tes dan menuliskan kesalahan dalam mengelompokkan informasi dan rumus yang digunakan. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan coretan pada lembar tes siswa dan baru di sadari oleh siswa ii disaat proses wawancara. Sedangkan siswa kedua mampu memenuhi indikator mengelompokkan informasi chungking informasi menjelaskan aturan representasi yang berbeda dan membenarkan aturan. Siswa kedua juga tidak menuliskan secara jelas tanpa memberikan penjelasan dari setiap langkah-langkah penyelesaian dalam menuliskan jawaban tes. Oleh karena itu kedua siswa tersebut hanya mampu memenuhi lima indikator yang dikarenakan siswa tidak menjawab semua masalah secara terstruktur. Proses berpikir aljabar siswa dengan kategori kemampuan matematika sedang memeliki perbedaan. Siswa pertama mampu memenuhi enam indikator proses berpikir aljabar yaitu mengelompokkan informasi chungking informasi menjelaskan aturan representasi yang berbeda menggambarkan perubahan dan membenarkan aturan. Sedangkan siswa kedua mampu memenuhi lima indikator yaitu mengelompokkan informasi chungking informasi menjelaskan aturan representasi yang berbeda dan membenarkan aturan. Perbedaan indikator proses berpikir yang terpenuhi tersebut karena siswa kedua tidak dapat menjelaskan maksud dari representasi yang dibuatnya. Siswa kedua hanya mampu membuat representasi dengan bentuk segitiga tanpa memberikan penjelasan apapun. Sedangkan indikator yang sama-sama tidak terpenuhi dari kedua siswa tersebut adalah memprediksi pola. Kedua siswa menjawab pertanyaan tersebut dengan cara menuliskan bentuk generalisasi dari rumus yang dapat digunakan untuk mencari pola selanjutnya. Terakhir proses beripikir aljabar dari dua siswa dengan kemampuan matematika rendah juga terdapat perbedaan. Siswa pertama mampu memenuhi ketujuh indikator proses berpikir aljabar sedangkan siswa kedua hanya mampu memenuhi empat indikator yaitu mengelompokkan informasi chungking informasi menjelaskan aturan dan representasi yang berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan karena siswa pertama menyelesaikan setiap masalah dengan secara jelas dan terstruktur dari setiap langkah-langkah penyelesaian mulai dari apa yang diketahui rumus yang digunakan dan bagaimana cara untuk memperoleh rumus yang digunakan tersebut. Sedangkan siswa kedua hanya menjawab dan menjelaskan apa yang siswa pahami dari informasi dan yang ditanyakan dari masalah tersebut. Hal tersebut dapat diketahui ketika siswa diminta untuk menuliskan pola yang berlaku siswa pertama hanya menuliskan generalisasi dari rumus untuk mencari pola selanjutnya dan dari representasi yang baru dibuat oleh siswa siswa pertama tidak memberikan penjelasan apapun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110950

Actions (login required)

View Item View Item