Hasan, Abdullah (2015) Pemecahan masalah geometri berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas IX ditinjau dari kemampuan spasial / Abdullah Hasan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasan Abdullah. 2013. Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Langkah-langkah Polya Pada Siswa Kelas IX Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata kunci Pemecahan Masalah Geometri Langkah-langkah Polya Kemampuan spasial Prestasi pemecahan masalah siswa Indonesia rendah pada soal tes internasional konten ruang dan bentuk yang memiliki konstruksi kemampuan spasial. Kemampuan spasial sangat penting dalam memecahkan masalah geometri dan kurangnya kemampuan ini dapat menimbulkan miskonsepsi. Kesalahan siswa dalam memecahkan masalah dapat terjadi pada tahap tertentu dan berbeda setiap siswa. Banyak penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan spasial tinggi menampilkan hasil yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kemampuan spasial rendah. Namun perlu diinvestigasi strategi dari pemecah masalah berdasarkan masing-masing tingkat kemampuan spasial. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemecahan masalah geometri berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas IX ditinjau dari kemampuan spasial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilaksanakan di kelas IX SMP Al-Ma hadul Islami Beji Pasuruan yang terdiri dari 72 siswa dengan kemampuan spasial 69% rendah 28% sedang dan hanya 3% tinggi. Subjek penelitian diambil 6 siswa dengan masing-masing 2 siswa kemampuan spasial rendah sedang dan tinggi. Siswa diberi tes kemampuan spasial tugas pemecahan masalah dan terakhir diwawancarai. Soal geometri yang diberikan terdiri dari tiga soal yang diadaptasi dari soal PISA konten ruang dan bentuk dan soal penelitian sebelumnya. Pemecahan masalah geometri yang diteliti berdasarkan langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Kemudian validitas data diperoleh dengan metode triangulasi membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa kemampuan spasial rendah tidak dapat memecahkan masalah karena tidak memahami masalah akibat sulit membayangkan tidak dapat menyusun rencana yang tepat tidak dapat memvisualisasi jaring-jaring tabung yang benar tidak dapat menggambar atau tidak memeriksa kembali jawabannya. Siswa kemampuan spasial sedang dapat memecahkan sebagian masalah dan tidak dapat memecahkan sebagian besar masalah karena tidak dapat memvisualisasi jaring-jaring tabung yang benar tidak dapat menyusun rencana yang tepat tidak melaksanakan rencana dengan baik atau tidak memeriksa kembali jawabannya dan mencari kemungkinan lain. Siswa kemampuan spasial tinggi dapat memecahkan masalah secara baik meskipun sebagian kurang teliti pada proses pelaksanaan rencana atau selesai sebagian karena kurang dapat memvisualisasi jaring-jaring tabung yang benar tidak memeriksa kembali kemungkinan lain melakukan kesalahan dalam pelaksanaan rencananya. Siswa kemampuan spasial tinggi lebih baik dari siswa kemampuan spasial sedang kecuali pada temuan soal kubus yang dicat dan jaring-jaring tabung. Siswa kemampuan spasial tinggi dan siswa kemampuan spasial sedang lebih baik dari siswa kemampuan spasial rendah. Adapun persamaan dari ketiga tingkatan berdasarkan soal yang dipecahkan yaitu di antara 3 soal maka soal nomor 1 tentang kubus yang dipotong dan dicat paling mudah dipecahkan oleh semua tingkat kemampuan spasial dan soal nomor 3 tentang kemasan paling sulit dipecahkan oleh semua tingkat kemampuan spasial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110607 |
Actions (login required)
View Item |