Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani Turen ditinjau dari tingkat pemahaman pada taksonomi solo / Achmad Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani Turen ditinjau dari tingkat pemahaman pada taksonomi solo / Achmad Abidin

Abidin, Achmad (2014) Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani Turen ditinjau dari tingkat pemahaman pada taksonomi solo / Achmad Abidin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abidin A. 2014. Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani Turen ditinjau dari tingkat pemahaman pada taksonomi SOLO. Tesis. Program studi pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta S. Pd M. Si (2) Dr. Hery Susanto M. Si. 12288 12288 12288 Keterlibatan siswa dalam mengkonstruk pengetahuan merupakan hal utama dalam pembelajaran berbasis konstruktivisme. Pembentukan pengetahuan baru terjadi melalui pengalaman siswa secara langsung sehingga siswa membuat interpretasi terhadap suatu konsep yang ditemukan. Namun hal ini tidak ditemukan oleh peneliti saat melakukan observasi awal pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas VIII tahun ajaran 2012-2013 SMP Ahmad Yani. Kegiatan pembelajaran yang terjadi masih bersifat transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Hal ini mengakibatkan siswa ramai di kelas mengusili teman berbicara dengan teman dan lain-lain. Dampak lebih lanjut adalah perolehan belajar siswa sangat rendah. 12288 12288 12288 Hasil pretest yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 9 dari 14 siswa yang mengikuti pretest memberikan jawaban yang tidak terkait dengan soal yang diberikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMP Ahmad Yani ditinjau dari tingkat pemahaman pada taksonomi SOLO. 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Kelima strategi REACT yaitu relating experiencing applying cooperating dan transferring digunakan selama pemberian tindakan. Pada tahap relating siswa mengkaitkan materi yang dipelajari dengan memanfaatkan media pembelajaran untuk membaca informasi penting atau menjawab soal mengenai materi prasyarat. Pada tahap experiencing siswa menjawab soal mengenai konsep dasar. Kegiatan selanjutnya adalah siswa menjawab soal untuk menerapkan konsep dasar yang berada pada tahap applying. Pada tahap cooperating secara berkelompok siswa berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Sedangkan pada tahap transferring siswa menerapkan konsep dasar tersebut pada konteks yang baru. 12288 12288 12288 Peningkatan pemahaman siswa selama mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT ini ditinjau menggunakan taksonomi SOLO. Pada taksonomi SOLO terdapat lima tingkat pemahaman yaitu prestructural unistructural multistructural relational dan extended abstract. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal pemahaman matematika yang meningkat pada siklus I berturut-turut mencapai prosentase 60% dan 53%. Sedangkan pada siklus II secara klasikal prosentase pemahaman matematika siswa yang meningkat berturut-turut adalah 85% 69% 60% dan 79%. Kata Kunci Strategi REACT Pemahaman matematika taksonomi SOLO

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110419

Actions (login required)

View Item View Item