Analsisis kesalahan dan perilaku yang dilakukan siswa kelas VII-C MTs Darul Huda Pasuruan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan mata pelajaran matematika / Puji Savvy Dia Faizati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analsisis kesalahan dan perilaku yang dilakukan siswa kelas VII-C MTs Darul Huda Pasuruan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan mata pelajaran matematika / Puji Savvy Dia Faizati

Faizati, Puji Savvy Dia (2014) Analsisis kesalahan dan perilaku yang dilakukan siswa kelas VII-C MTs Darul Huda Pasuruan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan mata pelajaran matematika / Puji Savvy Dia Faizati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faizati Puji Savvy Dian. 2014. Analisis Kesalahan dan Perilaku yang Dilakukan Siswa Kelas VII-C MTs Darul Huda Pasuruan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Mata Pelajaran Matematika. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata kunci kesalahan perilaku soal cerita analisis kesalahan Newman. Soal cerita adalah salah satu permasalahan yang merupakan pendekatan pemecahan masalah. Pembelajaran soal cerita dapat digunakan sebagai cara untuk melatih siswa memecahkan masalah. Dalam soal cerita siswa dituntut untuk dapat memahami konteks permasalahan yang diberikan menemukan metode penyelesaian dan menafsirkan kembali selesaian yang diperoleh. Saat ini dikembangkan media gambar dan komik pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman soal cerita. Namun masih banyak siswa yang kesulitan sehingga melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal cerita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa soal cerita lebih sulit dipecahkan daripada soal yang hanya melibatkan bilangan-bilangan. Berkenaan dengan hal itu timbul keinginan untuk mengetahui kesalahan dan perilaku yang dilakukan oleh siswa saat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan analisis kesalahan Newman. Analisis kesalahan Newman ini mempunyai 5 tahapan yaitu reading comprehension transformation process skill dan encoding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi perilaku serta kesalahan-kesalahan siswa dalam memecahkan soal cerita matematika materi perbandingan berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa kelas VII C MTs Darul Huda Prigen. Peneliti memberikan tes soal cerita pada 20 siswa tersebut untuk mengetahui ada tidaknya kesalahan siswa serta perilaku yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Setelah hasil tes diperiksa dan dianalisis diadakan wawancara kepada enam orang terpilih yang mewakili kategori siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah untuk mengungkap informasi atau data yang tidak terungkap dengan tes. Hasil penelitian ini menemukan perilaku-perilaku yang ditunjukkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita antara lain 1) DTA-Proficient 2) DTA-Not Proficient 3) DTA-Limited Context (without justification) 4) DTA-Limited Context (with justification) dan 5) MBA-Full Context. Kesalahan yang dilakukan lebih banyak berasal dari siswa dengan perilaku DTA (Direct Translation Approach) atau pendekatan langsung hanya sedikit siswa yang melakukan kesalahan dalam perilaku MBA (Meaning Based Approach) atau pendekatan bermakna. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan analisis kesalahan Newman terdapat pada tahapan comprehension dan transformation dua kategori kesalahan ini terjadi karena ketidakmampuan siswa dalam memahami soal serta menentukan informasi dari soal sehingga tidak mampu menginterpretasi masalah dalam soal. Selain itu kesalahan yang dilakukan siswa adalah pada tahap encoding kesalahan ini terjadi karena siswa tidak dapat menuliskan jawaban akhir yang relevan dengan pertanyaan pada soal. Kesalahan ini merupakan akibat dari kesalahan pada tahap comprehension.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110417

Actions (login required)

View Item View Item