Pengembangan bahan ajar berbasis pemecahan masalah dan komunikasi matematis pada materi sistem persamnaan linier du variabel untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur / Alep - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis pemecahan masalah dan komunikasi matematis pada materi sistem persamnaan linier du variabel untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur / Alep

Alep (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis pemecahan masalah dan komunikasi matematis pada materi sistem persamnaan linier du variabel untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur / Alep. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alep. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jerowaru. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. Kata kunci bahan ajar pemecahan masalah komunikasi matematis. 12288 12288 12288 Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika hendaknya diawali dengan pengenalan masalah yang sesuai. Dengan pengenalan masalah siswa dibimbing untuk memahami konsep matematika. 12288 12288 12288 Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sangat ditentukan oleh kemampuan komunikasi. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan memiliki kemampuan untuk menyajikan masalah dengan lebih sederhana mengaitkan konsep-konsep yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah serta dapat memberikan argumen terhadap keputusan-keputusan yang dipilih dalam proses penyelesaian masalah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya yang dapat memfasilitasi siswa agar dapat mengembangkan kedua kemampuan tersebut. Salah satu upaya yang dimaksud adalah mengembangkan bahan ajar berbasis pemecahan masalah dan komunikasi matematis. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di SMP Negeri 2 Jerowaru. 12288 12288 12288 Model penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah model penelitian 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define design develop dan disseminate. Tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Tahap Define dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan yang ada di lapangan untuk membantu pengembangan. Kemudian dilanjutkan dengan pendefinisian produk yang dikembangkan yaitu lembar kerja siswa (LKS). Tahap Design dilakukan dengan merancang bentuk dasar dari produk yang akan dikembangkan. Sedangkan tahap develop dilakukan dengan validasi dan uji coba produk untuk memperoleh produk yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 Hasil validasi dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid praktis dan efektif sehingga LKS yang dihasilkan dapat digunakan di SMP Negeri 2 Jerowaru dalam pembelajaran SPLDV di kelas VIII. 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110382

Actions (login required)

View Item View Item