Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 3 Malang melalui pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) virtual / Edy Effi Boediono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 3 Malang melalui pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) virtual / Edy Effi Boediono

Boediono, Edy Effi (2014) Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 3 Malang melalui pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) virtual / Edy Effi Boediono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Edy Effi Boediono. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA8 SMA Negeri 3 Malang Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournamaent (TGT) Virtual. Tesis Program Studi Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbin (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Dr. Santi Irawati M.Si Kata-kata kunci Pembelajaran TGT Virtual Peningkatan Hasil Belajar Persamaan Garis Singgung Lingkaran. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran matematika yang digunakan selama ini adalah pembelajaran konvensional dimana metode tersebut pengetahuan lebih banyak ditransfer oleh guru kepada siswa. Pembelajaran konvensioanl didominasi oleh ceramah dan cara-cara yang mengedepankan pemberian pengetahuan prosedural. Dengan cara seperti itu tidak akan cukup untuk membuat siswa memahami matematika secara bermakna. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran yang memberikan pebelajar aktif membangun pengetahuan matematika secara bermakna dapat terwujud dalam pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran kooperatif model Team Game Tournamen (TGT). Pembelajaran kooperatif model TGT adalah pembelajaran kooperatif yang membagi siswa dalam kelompok kecil yang terdiri atas 4-5 orang yang bersifat heterogen dalam kemampuan akademik etnik dan jenis kelamin. Kemudian ada unsur permainan dan tournamentnya. Karena Game yang digunakan mengggunakan IT maka disebut TGT Virtual. 12288 12288 12288 12288 Adanya kenyataan nilai rata-rata matematika yang rendah berdasarkan pengalaman mengajar bertahun-tahun motivasi belajar serta keaktifan siswa yang kurang dan pengakuan praktisi pendidikan matematika di lapangan dapat diketahui bahwa siswa Kelas XI IPA hasil belajarnya rendah untuk materi persamaan garis singgung lingkaran . Keprihatinan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan partisipan dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada Bagaimanakah diskripsi pembelajaran kooperatif model TGT Virtual yang dapat meningkatkan hasil belajar persamaan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA 8 SMAN 3 Malang 12288 12288 12288 12288 Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di kelas XI IPA 8 SMAN 3 Malang yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian ini menggunakan tes lembar pengamatan dan wawancara sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Wawancara dilakukan kepada 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT Virtual untuk meningkatkan hasil belajar persamaan garis singgung lingkaran siswa kelas XI IPA 8 SMAN 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran kooperatif model TGT merupakan salah satu strategi pem-belajaran konstruktivistik. Oleh karena itu penyajian kelas diupayakan agar siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Pengetahuan selanjutnya dibangun oleh siswa dengan cara bekerja sama dengan teman kelompoknya. Setiap siswa dituntut untuk saling bekerja sama. Setidaknya ada dua manfaat yang diperoleh dari belajar kooperatif yaitu manfaat akademik dan manfaat sosial. Secara akademis siswa meningkat pemahamannya dan prestasinya. Secara sosial siswa bisa belajar hidup bermasyarakat. 12288 12288 12288 12288 Setelah belajar dalam kelompok dilakukan kuis yang berupa Game TGT Virtual untuk mengetahui peningkatan individu dan untuk memotivasi siswa untuk belajar terus sekaligus sebagai pertimbangan bagi guru dalam meneruskan pembelajaran berikutnya. Akhirnya pembelajaran ditutup dengan pemberian penghargaan kepada kelompok yang mencapai prestasi dan predikat tertentu yaitu baik hebat dan super. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan evaluasi proses dan evaluasi hasil pada setiap pembelajaran persamaan garis singgung lingkaran dapat dikemukakan bahwa pembelajaran pada tindakan I baik secara proses maupun hasil belajar sudah baik. Ini terlihat dari hasil pengamatan bahwa siswa bekerja sama dalam kelompok siswa berani bertanya kepada sesama anggota kelompok dan pemahaman terhadap materi sudah baik. Demikian juga pada pembelajaran tindakan II secara proses maupun hasil sangat baik. Siswa saling memberikan masukan dan saling memberi penjelasan kepada temannya. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa merasa senang dengan belajar kooperatif model TGT Virtual. Hal ini ditunjukkan dengan motivasi aktivitas dan sikap antusis mereka ketika mengerjakan LKS pada kelompok untuk menemukan persamaan garis singgung lingkaran. Hasil belajar siswa yang diukur melalui tes setiap akhir tindakan telah menunjukkan bahwa siswa telah meningkat hasil belajarnya. 12288 12288 12288 12288 Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pembelajaran sebagai berikut. (1) menjadikan pembelajaran kooperatif model TGT Virtual sebagai suatu pembelajaran alternatif yang layak diper-timbangkan. (2) mengembangkan penelitian ini di kelas atau jenjang lainnya dengan mengambil materi yang lebih luas lagi agar hasil penelitian ini lebih lengkap dan mendalam. (3) membantu siswa dalam belajar melalui penggunaan media IT dalam hal ini game virtual. (4) penyusunan LKS harus secara cermat dan hati-hati karena memungkinkan LKS yang disusun justru dapat mematikan kreativitas siswa. Sebaiknya LKS hanya secara garis besar dan tidak terlalu menuntun langkah yang harus dilakukan siswa. (5) agar waktu yang digunakan efektif maka penerapan pembelajaran kooperatif model TGT Virtual disarankan kepada guru untuk mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik dan memahami setiap rangkaian tahap pembelajaran yang dilakukan. (6) dalam menyajikan materi terlebih dahulu memperhatikan tingkat berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110366

Actions (login required)

View Item View Item