Fathonah (2014) Pembelajaran Grup Investigasi (GI) untuk memahamkan materi volume bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII-3 SMP Begeri 1 Peudawa Kabupaten Aceh Timur / Fathonah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fathonah. 2013. Pembelajaran Grup Investigasi untuk Memahamkan Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Peudawa Kabupaten Aceh Timur. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A (II) Dr. Sisworo M.Si Kata Kunci memahamkan grup investigasi volume bangun ruang sisi datar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran grup investigasi pada materi volume bangun ruang sisi datar yang dapat memahamkan siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Peudawa Kabupaten Aceh Timur tentang materi tersebut. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran grup investigasi merupakan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di dalam kelompok kecil untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik tertentu yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran grup investigasi (GI) dalam penelitian ini yaitu (a) kegiatan pendahuluan yakni melakukan tanya jawab dan menyampaikan tujuan pembelajaran (b) kegiatan inti yakni siswa dihadapkan dengan situasi/masalah yang menantang (c) siswa secara berkelompok melakukan eksplorasi/penjelajahan dan berusaha menemukan kunci permasalahan yang diberikan (d) guru berkeliling untuk memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa (e) memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan diskusi dan tanya jawab (f) siswa secara berkelompok melakukan analisis dan melaporkan hasil investigasi dan temuannya (g) guru memberikan evaluasi untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi volume bangun rung sisi datar baik secara lisan maupun tertulis dan (h) penutup guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi volume bangun ruang sisi datar melalui pembelajaran grup investigasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa persentase hasil tes secara klasikal yang mendapatkan skor lebih dari atau sama dengan 70 adalah 86 11% pada siklus I dan 91 67% pada siklus II Sehingga peningkatan pemahaman siswa dari hasil tes belajar mengalami peningkatan sebesar 5 56%. Dari hasil observasi yang telah dilakukan kedua observer pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa terlihat bahwa pembelajaran yang telah dilakukan sudah berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah agar guru mencoba pembelajaran grup investigasi pada materi lainnya dan kelas yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110365 |
Actions (login required)
View Item |