Ismiasri, Tatiek (2013) Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah yang dapat membantu siswa memahami materi barisan dan deret geometri / Tatiek Ismiasri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah. Guru sebagai pendidik professional diharapkan memiliki kemampuan menyusun bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang disusun untuk memenuhinya dan mampu mengubah pusat pembelajaran pada siswa. Karena bahan ajar yang tersedia kurang melibatkan siswa dalam mengkonstruk pemahaman pada materi barisan dan materi deret geometri. Pertenyaan penelitian ini adalah Bagaimana modul pembelajaran berbasis masalah dapat membantu siswa memahami materi barisan dan deret geometri Dengan tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis masalah yang dapat membantu siswa memahami materi barisan dan deret geometri. Model yang digunakan pengembangan adalah 4D (four D model) oleh Thiagarajan dan Semmel yang meliputi pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Akan tetapi tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena penelitian ini tidak membuat generaliasasi. Untuk kepentingan pengembangan dilakukan validasi yang dilakukan 3 (tiga) validator dan uji coba lapangan pada kelas XII IPA-2 SMA Negeri 3 Blitar sehingga modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Kriteria valid diukur dari penilaian validator praktis diukur dari keterlaksanaan modul dan aktivitas guru serta efektif diukur dari ketuntasan belajar aktivitas siswa dan respon siswa terhadap modul. Sebagai pendukung modul yang dikembangkan disusun RPP dan instrument yang meliputi (1) Lembar Validasi (2) Lembar Observasi Keterlaksanaan Modul (3) Lembar Observasi Aktivitas Guru (4) Lembar Observasi Aktivitas Siswa (5) Tes Penguasaan Bahan Ajar (6) Angket Respon Siswa dan (7) Rubrik Penilaian Unjuk Kerja Siswa. Prototipe lembar validasi dikembangkan melalui proses pembimbingan selanjutnya lembar validasi yang telah disusun digunakan untuk memvalidasi modul RPP dan instrument lainnya. Hasil validasi terhadap modul dan RPP memenuhi kriteria valid dengan revisi kecil. Validasi instrument yang lain menunjukkan kriteria valid tanpa revisi. Revisi modul haya terkait dengan penyajian dan tidak terkait dengan isi atau materi barisan deret geometri. Sedangkan revisi RPP terkait dengan pemberian motivasi pengetahuan prasyarat dan pengelolaan waktu mengajar sehingga tidak terkait dengan sintak PBL. Hasil uji coba lapangan untuk menguji kepraktisan dengan mengukur keterlaksanaan modul pada pembelajaran mencapai rata-rata seluruh sintak PBL adalah 79.29% dengan kategori baik dan aktivitas guru pada pembelajaran mencapai 82.17% pada kategori aktif. Dari dua indikator kepraktisan modul yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Untuk menguji keefektifan modul sebagai indikator adalah ketuntasan belajar aktivitas siswa dan respon siswa terhadap modul. Ketuntasan belajar kelas uji coba mencapai 95.83% artinya secara klasikal kelas tersebut tuntas aktivitas siswa 79.47% masuk kategori aktif dan respon siswa terhadap modul mencapai 1.66 yang artinya siswa member respon postif terhadap modul yang dikembangkan. Denga demikian modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Untuk para peneliti lain apabila akan mengembangkan modul pada materi berbeda hendaknya memperhatikan bahwa konsep materi dan rumus yang akan digunakan dapat dimulai dari penyajian masalah yang kontekstual bagi siswa. Pembelajaran dengan modul berbasis masalah akan menciptakan pembelajaran dapat berpusat pada siswa dimana mereka harus beraktivitas untuk mengerjakan modul sesuai dengan panduan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110299 |
Actions (login required)
View Item |