Asyhar, Beni (2012) Meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat perkalian bilangan cacah menggunakan tali rafia dan stryrofoam persegi di Sekolah dasar Negeri (SDN) Gadang 2 Kota Malang / Beni Asyhar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Tali Rafia Styrofoam Persegi Sifat-sifat Perkalian Bilangan Cacah Perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah mempunyai peranan penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan seharihari sehingga penguasaan terhadap konsep perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah perlu ditekankan pada siswa sejak awal. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah masih rendah. Siswa cenderung menghafal perkalian. Siswa tidak memperoleh kesempatan untuk memahami sendiri konsep perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun penguasaan siswa terhadap konsep perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga berupa tali rafia dan styrofoam persegi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sifat-sifat perkalian bilangan cacah menggunakan tali rafia dan styrofoam persegi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gadang 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas II. Subjek wawancara 5 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 3 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) pembelajaran menggunakan tali rafia dan styrofoam persegi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah dengan 3 tahapan pembelajaran yaitu (i) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran pemberian motivasi tentang pentingnya perkalian bilangan cacah memeriksa pengetahuan prasyarat dan membagikan alat peraga dan LKS (ii) tahap inti meliputi pelaksanaan diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi dan (iii) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi dan 2) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan tali rafia dan styrofoam persegi pada materi perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah adalah positif. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan menggunakan tali rafia dan styrofoam persegi pada materi perkalian dan sifat-sifat perkalian bilangan cacah. Selain dilakukan pada sekolah lain hendaknya tujuan penelitiannya diarahkan pada bagaimana siswa menemukan konsep matematika sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110257 |
Actions (login required)
View Item |