Hikmah, Siti Nur Afifatul (2019) Representasi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran / Siti Nur Afifatul Hikmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hikmah Siti Nur Afifatul. 2019. Representasi Kekuasaan Simbolik Tuturan Guru dalam Pembelajaran. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Martutik M.Pd. (2) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci representasi kekuasaan kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran Kegiatan pembelajaran tidak lepas dari peran guru dalam mengelola kelas. Guru memiliki peran baik mengkontrol membimbing dan mengajarkan materi ajar kepada siswa. Guru secara structural mempunyai kedudukan yang lebih dalam system pembelajaran di kelas. Dalam hal ini guru mempunyai otoritas yang kuat memegang kendali kelas sehingga dapat mempengaruhi siswa belajar secara efisien. Perbedaan kedudukan guru dengan siswa tersebut yang membuat siswa patuh dan menataati perintah yang dilakukan oleh guru. Kekuasaan guru dalam proses pembelajaran yaitu melalui bentuk dan strategi tuturan yang diucapkan saat pembelajaran di kelas. Representasi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran dan (2) mendeskripsikan strategi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 4 18 dan 21 Malang. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dalam interaksi pembelajaran di kelas. Sumber data penelitian ini guru bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan pedoman pelacakan data yang meliputi observasi rekaman catatan lapangan dan studidokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkaan bahwa representasi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran telah dilakukan khususnya guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 4 18 dan 25 Malang. Pertama bentuk kekuasaan simbolik tuturan guru dalam membuka pembelajaran ditemukan empat data yang terdiri bentuk salam permintaan pertanyaan danpujian. Kedua bentuk kekuasaan simbolik tuturan guru dalam inti pembelajaran ditemukan sebelas data yang terdiri bentuk menjelaskan pernyataan larangan perintah permintaan pujian saran ajakan hukuman berjanji dan pertanyaan. Ketiga bentuk kekuasaan simbolik tuturan guru dalam menutup pembelajaran ditemukan sebelas data yang terdiri bentuk salam pertanyaan dan saran. Keempat strategi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam menutup pembelajaran ditemukan sebelas data yang terdiri strategi resiprokal hegemonial dan ekspansional. Kelima strategi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam menutup pembelajaran ditemukan sebelas data yang terdiri strategi resiprokal hegemonial dan ekspansional. Keenam strategi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam menutup pembelajaran ditemukan sebelas data yang terdiri strategi resiprokal hegemonial dan ekspansional. Berdasarkan pemaknaan hasil analisis mengenai representasi kekuasaan simbolik tuturan guru dalam pembelajaran dapat simpulkan bahwa selama ini proses pembelajaran dikendalikan dan dikelola secara penuh oleh guru. Guru memiliki kekuasaan untuk mengelola kelas agar pembejaran berjalan secara efektif dan efisien. Hal tersebut diharapkan siswa mampu belajar dengan suasana yang menyenangkan aktif efektif dan inovatif. Terlebih jika kaitakan dengan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa guru mempunyai peranan sebagai fasilitator selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu interaksi timbal balik guru dengan siswa yang berkesinambungan antara kognitif perilaku dan pengaruh lingkungan juga mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/109338 |
Actions (login required)
View Item |