Pengembangan modul menulis puisi berdasarkan teks eksplanasi tentang lingkungan dengan strategi 5M untuk siswa kelas X / Eka Yuni Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul menulis puisi berdasarkan teks eksplanasi tentang lingkungan dengan strategi 5M untuk siswa kelas X / Eka Yuni Agustin

Agustin, Eka Yuni (2019) Pengembangan modul menulis puisi berdasarkan teks eksplanasi tentang lingkungan dengan strategi 5M untuk siswa kelas X / Eka Yuni Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustin Eka Yuni. 2019. Pengembangan Modul Menulis Puisi Berdasarkan Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan Dengan Strategi 5M Untuk Siswa Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (2) Dr. Taufik Dermawan M.Hum. Kata kunci modul menulis puisi lingkungan Salah satu kesulitan siswa dalam mempelajari sastra adalah memulai untuk menulis puisi. Siswa menganggap bahwa menulis puisi memerlukan waktu yang lama dan membosankan terlebih jika tidak terbiasa melakukannya. Hal itu terjadi karena kurangnnya pembelajaran yang mengarah pada praktik menulis puisi di kelas dengan bantuan guru dan panduan bahan ajar yang memadai. Perlu adanya bahan ajar berupa modul yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri untuk berlatih menulis puisi. Modul yang inovatif menghadirkan variasi materi sehingga siswa mendapatkan pengetahuan baru melalui pemaparan materi dalam modul. Selain itu modul yang dipaparkan secara kreatif menimbulkan ketertarikan untuk mempelajarinya sehingga materi yang disampaikan dalam modul mudah dipahami oleh siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan aspek kelayakan isi sistematika penyajian penggunaan bahasa dan kegrafikaan serta menguji keefektifannya. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (four D model) yang memiliki empat langkah yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (development) dan penyebarluasan (disseminate). Tahap pendefinisian dilakukan dengan menganalisis kesulitan siswa teori yang akan digunakan dan bahan ajar yang digunakan sebelumnya. Tahap perancangan dilakukan dengan merencanakan materi modul penggunaan bahasa sistematika penyajian dan kegrafikaan. Tahap pengembangan dilakukan dengan memvalidasi produk kepada uji ahli materi ahli desain praktisi dan uji lapangan kepada siswa kelas X SMA. Tahap penyebarluasan dilakukan melalui media internet berupa publikasi artikel meletakkan modul pada perpustakaan sekolah dan pencetakan modul untuk dibagikan kepada siswa pada sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa modul menganalisis dan menulis puisi berdasarkan teks eksplanasi. Modul 1 diberi judul Memahami Lingkungan Melalui Analisis Puisi yang dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 3.17 yaitu menganalisis unsur pembangun puisi. Terdapat tiga indikator yang dibahas dalam modul yaitu (1) memahami puisi (2) menentukan struktur fisik dan (3) menentukan struktur batin. Modul 2 diberi judul Mengkreasi Teks Eksplanasi Menjadi Puisi yang dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 4.17 yaitu menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Indikator pada kompetensi dasar ini terdiri atas (1) menulis puisi dengan memberikan teks eksplansi bertema lingkungan alam sosial dan budaya (2) menulis puisi dengan memberikan makna lingkungan pada struktur fisik dan batin dan (3) menulis puisi menggunakan strategi 5M yang terdiri atas lima kegiatan yaitu membaca teks eksplanasi mengidentifikasi diksi pada teks eksplanasi mengolah diksi mengembangkan diksi menjadi bait dan larik dan menulis puisi berdasarkan teks eksplanasi berwawasan lingkungan. Kedua produk telah melalui tahap uji validasi ahli materi puisi sains desain praktisi untuk mengertahui kelayakan modul. Selain itu melakukan uji efektivitas untuk mengetahui keefektifan modul. Hasil uji validasi ahli secara keseluruhan menunjukkan bahwa modul sangat layak digunakan dan dapat diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji ahli materi puisi yang mendapatkan skor 87% uji ahli materi sains mendapatkan skor 85% uji ahli desain mendapatkan skor 88% dan uji praktisi mendapatkan skor 86%. Setelah dirata-rata aspek isi mendapatkan skor 86% aspek penggunaan bahasa mendapatkan skor 85% aspek sistematika mendapatkan skor 86% dan aspek kegrafikaan mendapatkan skor 86%. Selain itu untuk mengetahui keefektifan modul menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi normal. Hasil Asymp-Sign (2-tailed) menunjukkan nilai 0 002 0 05 atau efektif dalam pembelajaran dan terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji validasi disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak dilihat dari aspek isi sistematika penyajian penggunaan bahasa dan kegrafikaan. Selain itu berdasarkan hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa modul efektif digunakan dalam pembelajaran. Modul ini disarankan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa dalam berlatih menganalisis dan menulis puisi. Modul juga dapat disebarluaskan melalui media internet yang dikemas dalam bentuk artikel ilmiah atau dapat dipublikasin melalui seminar pendidikan. Untuk tindak lanjut penelitian dapat memperluas tema puisi yang ada dalam modul tidak terbatas tentang lingkungan alam sosial dan budaya. Dapat menggunakan berbagai macam teks agar siswa lebih kreatif dan mudah dalam menulis puisi dan strategi yang lebih efektif sehingga siswa dapat dengan mudah menulis puisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/109325

Actions (login required)

View Item View Item