Sati'ah (2005) Pengaruh pemanfaatan media gambar sederhana terhadap <BR>prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SDN <BR>Ketawanggede I Kota Malang / oleh Sati'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menyadan penlingnya media pembelalatan dituntut adanya kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan prosesb elajarm engajarb aik mediay ang adad r sekolahm aupunm edia1 ang dibuat sendin. Seorang guru tidak hanya dituntut kemampuannya dalam kemediaant e tapih arusm emiliki ketrampiland alamm emilih dan menggunakan media itu sendiri. Dengan rnelihat pentingnya p ranan media pembelajaran dalam rangka penyempurnuurdna n perbaikanp embelajaranm aka peneliti mencoba mengembangkanm edia untuk dapat dimanfaatkans ebagaim edia pembelajaran IPA khususnyap adap okok bahasanp ernapasanM. edia gambary ang dikembangkan peneliti adalah media pandang yang menyajikan visualisasi tentang alat pemapasan pada tumbuhan hervan dan manusia yang dapat menarik perhatian dan minat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belalal sisB ay ang diben perlakuanm edia gambar denganh asil belajar siswa yang tidat diberi perlakuanm edia gambarp okok bahasanp ernapasans emesterI I di SDN KetawanggedeI Subyekp enelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN KetarvanggedeI Malang. Dari subyek penelitian sebanyak 4i sisrva dan dibagr dalam dua kelompoky aitu kelompokk ontrol dan kelompoke ksperimend enganm asingmasing 20 siswa..Instrumend alam penelitian ini ada dua macam yaitu (1) angket untuk ahli media y angt elah divalidasio leh ahli medias ehinggad inyatakanv alid (2) angket untuk mengamati hasil perlakuan (tes prestasi) dikonsultasikan kepada guru bidang studi untuk mengetahui kelayakan dari soal-soal tes tersebut. Data yang terkumpul dari penelitian ini berupa skol prestes dan pasca 1es dan siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Metode atau teknik analisis menggunakan uji-t (t-tes). Sedangkan untuk interprestasi hasil penelitian menggunakatn- tabel.D ari analisisd ata denganm enggunakanu ji-t maka secara signirthn menunlukkana danyap erbedaanp restasis iswa pada mata pela.laranIP A antara siswa yang diberi perlakuan dengan media gambar dengan siswa yang tidak diberi perlakuan media gambar Berdasarkahna sil analisisd ata h ipotesisn ol (Hs) ditolak yangb erartiH 1 diterirna.D engand emikiand apatd isimpulkanb ahrvaa dap engaruhp ositif pada pemanfaalan media gambar pokok bahasan pemapasan terhadap prestasi belalar siswap adam atap elajaranI PA kelasI V. Berdasarkanh asil penelitian ini dapat disarankana gar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan media gambar dengan meneliti lebih mendalamd alam cakupanp embahasaryra ng lebih luas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105057 |
Actions (login required)
View Item |