Wahyuni, Sri (2005) Kesiapan guru sekolah dasar negeri terhadap pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) tahun 2004 mata pelajaran bahasa Indonesia (studi kasus pada SD Negeri di Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / oleh Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ini sejak tahun 2001 sampai dengan drarangm asihd alamt araf sosialisasdi i lingkungans pkolaht ermasukb agi parag uru SDN egeris ebelumd iberlakgkans ecarar esmi oleh pemerintaht e ntunyam embawa implftasi bagr para guru SD Negeri tenrtama dalam hal kesiapan tethadap pelaksanaan Ktrikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Hal itulah yang relatarbelakangdii laksanakannypae nelitiani ni. Fokusp enelitiani ni diarahkanp ada ( l) Bagaimanap emahamang uru bahasa Indonesiate ntangK BK (2) Bagaimanak esrapang Fru bahasaI ndonesiat erfiadap pehksamanK BK (3) Bagaimanak esulitan/hambatagPu ru bahasaIn donesiad alam lesiapaote rhadapp elaksanaanK BK (4) Bagaimanau payag uru bahasaln donesia dalamp emecahamn asalahk esulitan/hambatakne siapante rhadapp elaksanaaKnB K Penelitianin i menggunakarna ncanganp enelitiand eslciptif. Subyekp enelitian adalahp ara guru BahasaI ndonesiaS D Negeri di Wilayah KeftnahanM adyopuro fecamatanK edungkandanKg ota Malang.J unlah subyekp enelitiana dalahs ebanyak (tujuh) orang guru yang tersebar di (tujuh) SD Negeri yaitu (l) SD Negeri lutadyop nol (2) SD Negeri Madyoprro 2 (3) SD Negeri Madyopuro3 (a) SD NegerMi adyopuro4 (5) SD Negeri Madyopuro5 (6) SD Negeril vladyopuro6 dan (7) SD Negeri hfadyopuro . Penelitian ini tidak menggunakans ampel k arena jumlah populasir elatif sedikit. Pengumpuland ata menggunakanin strumena ngket (kuesiona)d enganb utir pertanyaany ang bersifatt erfutup dimenar espondenh anya tinggal memilih opsi jawaban yang dianggapp aling tepat/sesuaiB. utir pertanyaan disCuaikan dengan aspek/sub variabel dan indikptor penelitian. Analisa data menggunakapne ndekatapne rsentas(e% ). Datah asilp enelitiand apatd iungkapkans ebagEbi erikut ( l) Pemahamagnu ru tsntang KBK sebanyak 4 orang guru dari 7 orang guru relatif cukup memahami tenta pengertian den substansi KBK. Hanya I orang guru yang benar-benar memahami. -gahkan terdapat 2 orang guru yang kurang memahami (2) Kesiapan guru tcrhadapp elaksanaanK BK terungkapb ahwa terdapat 3 orang guru sering melakukank esiapant ersebut. Terdapat 3 orang guru kadang-kadangm elakukan kesiapanit u. Ilanya terdapatI orangg uru tidak pernahm elakukank esiapante rhadap pelaksanaan KBK (3) Kesulitan/hambatan guru dalam kesiapan terhadap pelaksanaanK BK ternyata s ebanyak 5 orang guru kadang-kadangm engalami t I I tersebut.S edangkany ang sering mengalamik esulitan/hambatan I orang guru. Hanya I orang guru tidak pernah mengalami tersebut (4) Upaya guru dalam pemecahan masalah kesiapant utradap pelaksanaanK BK terungkap 3 orang guru melakukanu paya pemecahanm asalahk esulitan/hambatatne nebut. Tcdapa2d orangg uru sering melakukanu payat ersebutd i atas dan yang termasd ragats eringh anyat erdapatI orangg uru. Padak enyataannyaa da I orangg uru yang lidak p mah melakukan upaya dalam pemecahan masalah kesulitan/trambatan tciapant erhadape laksanaaKnB K. Berdasarkand ata hasil penelitian tersebut di atas dapat dikemukakan F ry l sebagabi erikut (l) Bacr KepataS ekolaha anp inat oinas pendidikan (ota Malang perlu ada upaya monitoring supervisi dan penilaian terhadap tcmamPuapne mahamadna nk esiapang uru tentang -KBI kemudian ada tindak lanjut es hasil penilaian tersebu[ perlu bagi guru melakukan latihan baik secara perorangamna upnnd alam kelompoka ntar guru dalam lingkungans ekolahm aupun Feo g guru di sekolah lain yang terdekat seUagai upaya murgatasi kcsulitan/hambadtaanle mk esiapante rhadapp elaksanaaKn BK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105055 |
Actions (login required)
View Item |