Keefektifan penerapan metode tanya jawab mandiri dalam <BR>pembelajaran PPKN terhadap prestasi siswa kelas V SD Neger <BR>Ciptomulyo II Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Kasminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan metode tanya jawab mandiri dalam <BR>pembelajaran PPKN terhadap prestasi siswa kelas V SD Neger <BR>Ciptomulyo II Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Kasminah

Kasminah (2005) Keefektifan penerapan metode tanya jawab mandiri dalam <BR>pembelajaran PPKN terhadap prestasi siswa kelas V SD Neger <BR>Ciptomulyo II Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Kasminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PenerapanM etode Tanya Jawab Mandiri (TJM) di SDN CiptomulyoI l merupakans alahs atum etodek egiatanb elajarm engajary angl ebih efektif. Penelitian ini berangkadt arik ondisid anp otenssi iswak elasV hasilr egroupingti ga SD Ncgeri (SDN V SDN VI SDN VIID dengan gejala tentang prestasi hasil belajar yang kurang optimal dan bertujuan untuk meningkatkanm utu pembelajarand i kelas V SDN Ciptomulyo II yang kurang efektif agar menjadi efektif. Penelitiani ni berorientaspi adas uatup endekatanp embelajaranT anya Jawab dan Evaluasi Mandiri (TJM) (Question Answer and Evaluation Itself Methttcl) (QAEIM). Adapunm atap elajarany ang obyek penelitiand i SD Negeri CiptomulyoI l adalahP PKn padas emesteIrI tahunp elajaran2 00212 003. Metode penelitian yang diterapkan peneliti dalam kegiatan ini adalah metode penelitiank ualitatif yang ditempuhm elaluit iga langkah penelitianp endahuluan penelitianl apangand an penyusunanla poranp enelitian.P enelitis engajam emilih pendekatapne nelitiank ualitatif karena L Materi penelitiannya berupa gejala perubahan tingkah laku yang berpusat padap eristiwap embelajarans iswak elasV sebagaoi byekp enelitian. 2. Obyekp enelitiand apatb erubahf ungsi sebagari ekank erja peneliti. 3. Kegiatanp enelitianm erupakanb agiand ari disiplin ilmu sosialy ang menjadi ciri khas dari penelitian kualitatif. PenerapanM etodeT JM dalamk egiatani ni padah akekatnyam erupakans alah satu metode pembelajaran alternatif bagi peneliti dalam upaya memperluas dan memperkuat perolehan belajar siswa berupa perbaikan prestasi dan perubahan perilakuk e arahp embentukans ikapy angp ositif. PelaksanaaTnJ M di SDN CiptomulyoI I ditempuhm elaluit iga langkah 1. Guru menyampaikanT PK danM ateri Pelajaranu ntuk dibaca/d ipahami. 2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menyusun soal lengkap dengan kuncijawabannyas elarasd enganT PK yangt elah ditetapkan. 3. Guru memberi tugas kepada siswa untuk saling mengisi dan saling mengevaluassi ecarab ergantianb/ ergilir. Posisig uru dalamT JM ini adalahs ebagapi engelolaf a silitator m otivatord an evaluatorK BM yang memungkinkanp embelajaranb isa berlangsungb aik sehingga pada diri siswa terjadi perbaikan prestasi maupun perilaku yang mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat efbktivitas rentangann ilai yang rata-ratab erkualitasA dan B Selanjutnyap eneliti menyarankan agar dilakukanp enelitianl ebih lanjut tentangp enerapanm etodeT JM tidak hanya pada pelajaran PPKn tetapi juga terhadap mata pelajaran yang lain dan di jenjang pendidikayna ngl ebiht inggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105048

Actions (login required)

View Item View Item