Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar seri di kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Debel Erubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar seri di kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Debel Erubun

Erubun, Debel (2014) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar seri di kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Debel Erubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Erubun Debel. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar Seri Di Kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M. Pd dan (II) Dra. Srimurdiyah M. Pd Kata kunci menulis karangan deskripsi gambar seri 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksanakan ditemukan beberapa penyebab kegiatan pembelajaran menulis deskripsi tidak sesuai dengan harapan. Dari 39 siswa 23 siswa belum bisa menentukan kerangka karangan dengan benar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar dan meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 39 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi wawancara dokumentasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi dan kemudian melakukan tindak lanjut. 12288 12288 12288 Diketahui skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan I yang diperoleh sebesar 100%. Dari hasiltersebut menunjukan bahwa dari 7 aspek keseluruhan aspek telah dilakukan oleh siswa ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan dan ketercapaian hasil dibanding siklus I. Sedangkan aktivitas guru diketahui bahwa skor diperoleh sebesar 100%. Berdasarkan tabel tersebut menunjukan bahwa dari 8 aspek keseluruhan aspek telah dilakukan oleh guru ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan dan ketercapaian hasil dibanding siklus II pertemuan I. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari pratindakan ke siklus I peningkatannya mencapai 65% dan dari siklus I ke Siklus II peningkatannya mencapai 75%. Hasil belajar siswa dari pratindakan 41% siswa tuntas meningkat pada siklus I menjadi 87% siswa tuntas dan siklus II menjadi 100% siswa tuntas belajar dari 39 siswa. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam keterampilan menulis deskripsi dan penggunaan media gambar seri juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga 39 siswa dapat tuntas dalam belajar. Oleh karena itu disarankan bagi guru dan pihak sekolah agar menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104989

Actions (login required)

View Item View Item