Oktaviani, Vika (2014) Peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur cerita melalui metode mapping pada siswa kelas V SDN Kendalbulur 01 Kabupaten Tulungagung / Vika Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Oktaviani Vika. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN Kendalbulur 01 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M. Pd (2) Drs. Sunyoto S. Pd. M.Si Kata Kunci unsur cerita mind mapping menyimak 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Kendalbulur 01 Kabupaten Tulungagung pada pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita ditemukan bahwa sebagian besar belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data bahwa dari 39 siswa kelas V SDN Kendalbulur 01 Kabupaten Tulungagung terdapat 24 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan rincian 8 siswa telah mampu mengidentifikasi masing-masing unsur dengan tepat 7 siswa telah mampu mengidentifikasi unsur cerita namun tidak semua unsur yang disebutkan benar dan 24 siswa masih sulit untuk menentukan unsur cerita yang paling tepat. Ketidaktuntasan tersebut disebabkan oleh beberapa permasalahan diantaranya (1) siswa sering lupa mengenai isi cerita yang disimak terutama cerita yang panjang (2) siswa mengalami kesulitan dalam menentukan unsur-unsur cerita tokoh dan penokohan serta latar yang berjumlah lebih dari satu dalam cerita dan (3) siswa bingung dalam mengidentifikasi unsur cerita yang disimak terutama unsur cerita yang tersirat seperti tema dan amanat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur cerita dan peningkatan kemampuan megidentifikasi unsur cerita melalui penerapan metode mind mapping. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan atau observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada saat pratindakan persentase ketuntasan belajar kkasikal siswa sebesar 43 58 meningkat menjadi 51 28% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 94 87% pada siklus II. Selain itu penerapan mind mapping dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu pada pratindakan aktivitas guru sebesar 47% pada siklus I meningkat menjadi 92 1% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. 12288 12288 12288 12288 Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kendalbulur 01 Kabupaten Tulungagung berupa peningkatan hasil belajar siswa pada unsur cerita itu sendiri yaitu tema tokoh dan penokohan latar serta amanat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hendaknya guru mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelum pembelajaran membimbing dalam setiap langkah pembelajaran dan lebih memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan dan guru hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam penyampaian pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104893 |
Actions (login required)
View Item |