Analisis kesalahan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Muhammad Khaudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Muhammad Khaudi

Khaudi, Muhammad (2013) Analisis kesalahan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Muhammad Khaudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khaudi Muhammad. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV SD Dalam Menyelesaikan Soal FPB dan KPK di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd Kata Kunci Analisis Kesalahan FPB dan KPK SD Rendahnya prestasi siswa di Indonesia karena rendahnya minat belajar siswa dan minat siswa pada mata pelajaran tertentu. Dalam pendidikan matematika misalnya rendahnya daya saing di ajang internasional rendahnya rata-rata hasil Ujian Nasional untuk sekolah menengah selalu di bawah 5 0. Kelas IV SDN Mororejo I masih banyak mengalami kendala dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK. Fakta itu tampak pada hasil ulangan harian menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh siswa SDN Mororejo I yaitu 48 7. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) letak kesalahan jawaban siswa dalam mengerjakan soal FPB dan KPK (2) bentuk kesalahan jawaban siswa dalam mengerjakan soal FPB dan KPK (3) penyebab siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tes 10 soal dan wawancara sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jawaban siswa yang mengalami kesalahan konsep (1) kesalahan dalam memahami bilangan prima sebagai pembagi dari suatu bilangan (2) kesalahan menentukan kelipatan suatu bilangan. Jawaban siswa yang mengalami kesalahan prosedur yaitu (1) jawaban siswa langsung menjurus jawaban akhir tanpa menuliskan prosedur pengerjaan (2) kesalahan prosedur faktorisasi bilangan sebagai cara menyelesaikan soal untuk FPB ataukah KPK (3) Kesalahan mengubah dan menyatakan dalam kalimat matematika dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Kesalahan menentukan hasil penghitungan (1) kesalahan menentukan hasil bilangan pangkat (2) kesalahan menentukan hasil faktorisasi prima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV yaitu 49 51 dengan perolehan nilai tertinggi 100 dan terendah 20 dan modus nilai 20. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV materi FPB dan KPK rendah. (2) Dari hasil analisis jawaban siswa ada 3 jenis kesalahan yaitu konsep prosedur atau pengerjaan dan hasil penghitungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104864

Actions (login required)

View Item View Item