Upaya kepala sekolah dalam melaksanakan disiplin kerja guru di MI Islamiyah Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang / Aini Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya kepala sekolah dalam melaksanakan disiplin kerja guru di MI Islamiyah Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang / Aini Hidayah

Hidayah, Aini (2013) Upaya kepala sekolah dalam melaksanakan disiplin kerja guru di MI Islamiyah Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang / Aini Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayah Aini. 2013. Upaya Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Disiplin Kerja Guru di MI Islamiyah Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini M. Pd (II) Drs. Sutrisno S. Pd M. Pd Kata kunci Kepala sekolah disiplin kerja guru 12288 12288 12288 12288 12288 Demi mewujudkan pendidikan yang bermutu tinggi yang harus dilakukan guru adalah dengan melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh dengan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku. Ditemukan fakta sehubungan dengan kedisiplinan di MI Islamiyah yaitu hanya 7 dari 19 guru yang mengumpulkan perangkat pembelajaran tidak seluruh guru menandatangani presensi dan tidak memakai seragam sesuai jadwal yang telah ditentukan. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus adalah penelitian yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi lenbaga atau gejala tertentu. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian diperoleh kedisiplinan kerja guru yang tampak di MI Islamiyah adalah secara bergantian menjadi pembina upacara bendera pembagian raport piket guru. Faktor pendukung upaya kepala sekolah dalam melaksanakan disiplin kerja guru adalah pertama lokasi madrasah yang strategis jumlah guru tidak terlalu banyak dan banyak guru yang telah lulus sertifikasi. Sedangkan faktor penghambat upaya kepala sekolah dalam melaksanakan disiplin kerja guru adalah yang pertama rumah guru yang cukup jauh yang kedua rasa pengabdian ke madrasah masih sangat rendah yang ketiga belum fokus mengajar dan yang terakhir komitmen kerja. Sedangkan upaya kepala sekolah sebagai motivator sangat penting untuk membantu meningkatkan kinerja mengajar seorang guru yaitu terutama dalam hal kedisiplinan dengan cara membuat kesepakatan komitmen dan tata tertib.teknik-teknik yang dilakukan yaitu teknik pemberian contoh teknik insentiv harian (sebagai tunjangan transport yang diberikan bersamaan dengan gaji) dan teknik siraman rohani setiap akhir bulan 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar kepala sekolah mampu mempertahankan pembinaan yang diberian kepada guru-guru agar semakin peka dan peduli terhadap tingkat kemajuan pendidikan yang ada saat ini serta berusaha untuk bersiap inovatif dan selalu mengembangkan kualitas sumberdaya dalam mengajar dan mendidik. Selain itu untuk peneliti lain dapat digunakan sebagai informasi serta referensi untuk penelitian lainnya dan juga sebagai pembanding antara teori yang telah diperoleh dari perkuliahan dan kenyataan yang ada di lapangan serta diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk menambah wawasan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104854

Actions (login required)

View Item View Item