Pemanfaatan lingkungan sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang / Irfatul Laila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang / Irfatul Laila

Laila, Irfatul (2013) Pemanfaatan lingkungan sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang / Irfatul Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laila Irfatul. 2013. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka Agustina M.Pd (2) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd . Kata kunci Lingkungan Sekolah Keterampilan Menulis Puisi hasil belajar Bahasa Indonesia Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas 5 MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menulis puisi dapat diketahui terdapat beberapa permasalahan. Permasalah itu antara lain guru masih menggunakan pembelajaran tradisisonal yang memperlakukan siswa sebagai subyek didik. Dalam pembelajaran kegiatan berpusat pada guru siswa cenderung pasif dan mencatat materi yang disampaikan guru. Hal tersebut mengakibatkan nilai rata-rata pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menulis puisi 54 18. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti mencoba untuk memanfaatkan lingkungan sekolah dalam penulisan puisi. Pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan lingkungan sekolah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan keterampilan proses menulis yang terdiri dari lima tahap kegiatan yaitu (1) prewriting (2) drafting (3) revising (4) editing (5) publising. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kwalitatif penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan 3 siklus dengan alur (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan dan observasi (c) refleksi (d) revisi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi (2) tes. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas 5 MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan lingkungan sekolah aktivitas dan kemampuan siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan. Hasil menulis puisi Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 0 13% sedangkan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan 0 11%. Untuk aktivitas siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 0 12% dari siklus II ke siklus III meningkat sebanyak 0 13%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas 5 MI Sunan Gunung Jati Kecamatan Sukun Kota Malang. Oleh karena itu disarankan kepada guru dan sekolah supaya lebih termotivasi untuk memberikan pengajaran yang bermutu bervariasi dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104852

Actions (login required)

View Item View Item