Nurlaili, Aulia Fithri (2013) Penggunaan media wayang kulit untuk meningkatkan pemahaman karakter cinta tanah air mata pelajaran bahasa Jawa siswa kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar / Aulia Fithri Nurlaili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurlaili Aulia Fithri. 2013. Penggunaan Media Wayang Kulit untuk Meningkatkan Pemahaman Karakter Cinta Tanah Air Mata Pelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutarno M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd Kata Kunci Media Wayang Kulit Karakter Cinta Tanah Air SD Karakter cinta tanah air merupakan karakter yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap warga negara sehingga harus ditanamkan sejak dini kepada anak. Peningkatkan pemahaman karakter cinta tanah air kepada anak dapat dilakukan melalui pembelajaran di kelas. Penggunaan media wayang kulit sebagai unsur budaya dikolaborasikan dengan pembelajaran Bahasa Jawa dengan materi menyimak tokoh-tokoh wayang dirasa mampu untuk meningkatkan pemahaman karakter cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan media wayang kulit untuk meningkatkan pemahaman karakter cinta tanah air Pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media wayang kulit untuk meningkatkan karakter cinta tanah air mata pelajaran Bahasa Jawa di kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran wayang kulit dalam meningkatkan pemahaman karakter cinta tanah air mata pelajaran Bahasa Jawa di kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan sedangkan siklus II dilakukan satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar. Instrumen yang digunakan yaitu 1) pedoman observasi 2) wawancara 3) dokumentasi dan 4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan media wayang kulit dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang memanfaatkan media wayang kulit. (2) Aktivitas dalam pembelajaran dengan menggunakan media wayang kulit cukup baik. Nilai aktivitas yang diperoleh pada siklus I pertemuan 1 adalah 72 pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 74 dan pada siklus II juga 74. (3) Hasil belajar siswa meningkat dari sebelum penggunaan media yaitu 59 dan setelah penggunaan media yaitu 71 pada siklus I dan 73 pada siklus II. Siswa yang mengalami peningkatan mencapai 62% siswa yang tuntas 26% sisanya 12% saja yang belum tuntas. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penggunaan media kulit dapat meningkatkan pemahaman karakter cinta tanah air mata pelajaran Bahasa Jawa siswa kelas IV A SDN Kepanjenlor 2 Blitar. Diharapkan guru juga dapat menggunakan media wayang kulit ini untuk peningkatan pemahaman karakter-karakter lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104844 |
Actions (login required)
View Item |