Penerapan media crossword puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Ika Yuni Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media crossword puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Ika Yuni Purwanti

Purwanti, Ika Yuni (2013) Penerapan media crossword puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Ika Yuni Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwanti Ika Yuni. 2013. Penerapan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Imam Nawawi M.Si (II) Dra.Hj. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Crossword Puzzle Aktivitas Hasil Belajar IPS Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas IVB SDN Sawojajar 6 kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS yaitu (1)guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton (2)guru tidak mengembangkan media pembelajaran (3)aktivitas belajar IPS rendah (4)hasil belajar IPS rendah. Salah satu alternatif yang dapat diambil yaitu pembelajaran dengan penerapan media Crossword Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan penerapan media crossword puzzle dalam pembelajaran IPS kelas IVB SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dan (2)mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa kelas IVB SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang melalui penerapan media crossword puzzle.(3)mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang melalui penerapan media crossword puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dilakukan selama dua kali pertemuan sedangkan siklus II dilakukan satu kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Instrumen yang digunakan yaitu 1) pedoman observasi 2) pedoman wawancara 3) dokumentasi dan 4) tes. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan media crossword puzzle dapat berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 70 6% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88 2%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 67 6% sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 91 2% dari 34 siswa. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Sawojajar 6 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Dengan demikian diharapkan guru dan sekolah lebih inovatif dalam menggunakan media terutama dalam bentuk permainan agar pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Saran bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan media ini dengan desain dan metode yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104831

Actions (login required)

View Item View Item