Analisis kesalahan ejaan karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Aulia Yuni Afita - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan ejaan karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Aulia Yuni Afita

Afita, Aulia Yuni (2013) Analisis kesalahan ejaan karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Aulia Yuni Afita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesalahan ejaan karangan narasi siswa kelas IV SD. Kesalahan siswa dalam belajar bahasa merupakan suatu yang wajar terjadi namun apabila kesalahan tersebut dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang kurang baik dan cenderung akan berulang kembali. Kesalahan dalam berbahasa siswa khususnya bahasa tulis harus dihilangkan. Hal ini dapat dilakukan apabila guru mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan siswa dalam penggunaan ejaan pada karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif (kuantitatif deskriptif). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang yang terdapat 7 SDN yaitu SDN Ngebruk 01 SDN Ngebruk 03 SDN Ngebruk 03 SDN Ternyang 01 SDN Ternyang 02 SDN Ternyang 03 dan SDN Ternyang 04. Jumlah Populasi sebesar 170 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 43. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data dari siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang diperoleh hasil bahwa (1) kesalahan penggunaan huruf kapital di awal kalimat mencapai 174 kesalahan dari 466 jumlah keseluruhan penggunaan huruf kapital di awal kalimat atau 37 33% termasuk dalam kategori banyak (2) kesalahan penggunaan kata depan di/ke mencapai 52 kesalahan dari 147 jumlah keseluruhan penggunaan kata depan di/ke atau 35 37% termasuk dalam kategori agak banyak dan (3) kesalahan penggunaan tanda titik di akhir kalimat mencapai 169 kesalahan dari jumlah keseluruhan penggunaan tanda titik di akhir kalimat atau 36 26% termasuk dalam kategori agak banyak. Dari deskripsi analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang melakukan kesalahan ejaan. Mengingat pentingnya penggunaan bahasa tulis maka disarankan bagi guru untuk lebih memperhatikan penggunaan ejaan dalam setiap tulisan siswa agar nantinya siswa dapat menulis dengan baik dan benar. Bagi para peneliti lebih lanjut disarankan untuk melakukan penelitian tidak hanya dalam aspek penggunaan ejaan saja melainkan juga dapat melakukan penelitian pada aspek yang lainnya. Tidak hanya bahasa tulis namun juga pada bahasa lisan sehingga nantinya penggunaan bahasa Indonesia akan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104823

Actions (login required)

View Item View Item