Hayati, Rabihah (2013) Perbedaan hasil belajar IPS kelas V yang diajar menggunakan model Team Games Tournament dan model Student Team Achievement Division di SDN Percobaan 1 Malang / Rabihah Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Hasil Belajar Model Team Games Tournament Model Student Team Achievement Division Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang antara pembelajaran menggunakan model TGT dan model STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan bentuk rancangan Quasi Experimental. Bentuk desain Quasi Experimental yang digunakan yaitu Non equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V SDN Percobaan 1 Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Percobaan 1 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes tulis. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa tentang penguasaan materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Tes diberikan sebelum perlakuan (pre test) dan sesudah perlakuan (post test). Bentuk soal yang digunakan yaitu soal objektif dengan jumlah 20 soal yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Tekhnik analisa data yang digunakan yaitu uji t untuk sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang antara pembelajaran menggunakan model TGT dengan model STAD. Perbedaan yang ada pada kedua kelompok tersebut dapat diketahui melalui pengujian hipotesis yang menghasilkan nilai Asymp. Sign 2-tiled pada nilai gain score pada kedua kelas. Nilai Asymp. Sign 2-tiled 0 037 0 05 sehingga Ha diterima. Pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model STAD lebih baik daripada pembelajaran menggunakan model TGT sehingga ada perbedaan signifikan hasil belajar materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang antara pembelajaran menggunakan model TGT dengan model STAD. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu Hasil belajar siswa kelas eksperimen model team games tournament diperoleh data pre test memiliki nilai rata-rata sebesar 44 63. Setelah mendapat perlakuan diperoleh data post test dengan nilai rata-rata 72 2. Rata-rata gain score sebesar 27 56. (2) Hasil belajar siswa kelas kontrol model student team achievement division diperoleh data pre test memiliki nilai rata-rata sebesar 41 1. Setelah mendapat perlakuan diperoleh data post test dengan nilai rata-rata 74 1. Rata-rata gain score sebesar 33 04. (3) Ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas 5 yang diajar menggunakan model Team Games Tournament dengan model Student Team Achievement Division di SDN Percobaan 1 Malang. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji T untuk sampel independen yaitu nilai Asymp. Sign 2-taililed sebesar 0 037 0 05. Saran yang dapat disampaikan antara lain (1) Sekolah apabila guru akan menggunakan model team games tournament dalam pembelajaran IPS hendaknya dapat menyesuaikan dengan waktu yang disediakan. (2) Guru kelas V dapat menggunakann model STAD pada pelajaran IPS sebagai alternative model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sama namun pada skala populasi yang lebih luas dan dengan menggunakan desain eksperimen murni.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104819 |
Actions (login required)
View Item |