Pangastuti, Mega Wening (2013) Aanalsisi buku teks PKn SD berperspektif gender pada kelas rendah Sekolah dasar se-Gugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang / Mega Wening Pangastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Analisis Buku Teks Berperspektif Gender PKn SD Berdasarkan Undang-Undang No. 20 pasal 5 ayat 1Tahun 2003 pendidikan dan pengajaran harus memperhatikan masalah kesetaraan gender. Dengan demikian perlu adanya buku ajar berkualitas / berperspektif gender yang memperhatikan konsep pengarustamaan gender demi tercapainya tujuan pembelajaran. Buku yang berperspektif gender merupakan buku yang sensitif terhadap isu gender menggambarkan kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan serta meninggalkan stereotipe gender yang keliru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesetaraan gender pada buku ajar Pkn Kelas Rendah yang digunakan di Gugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan rancangan penelitian analisis buku atau dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dokumentasi dan menganalisis isi buku teks berdasarkan kesesuaian isi materi kesesuaian ilustrasi gambar dan kesesuaian soal evaluasi dengan data kesesuaian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu kesesuaian isi materi yang tergolong setara gender (berperspektif gender) adalah cukup pada kelas I kelas II kelas III. Kemudian kesesuaian ilustrasi gambar tergolong setara gender dengan kriteria tinggi selanjutnya kesesuaian soal evaluasi pada tingkat kesetaraan tergolong tinggi. Dari hasil temuan dan pembahasan mengenai buku Pkn SD kelas 1 2 dan 3 yang paling banyak di gunakan di Gugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang yang di analisis dilihat dari 3 variabel yaitu kesesuaian Isi materi berdasarkan Pedoman Bahan Ajar Berwawasan gender yang memperoleh presentase kesetaraan sebesar 64.15 % dan digolongkan ke kategori cukup Kesesuaian Ilustrasi gambar berdasarkan Pedoman Bahan Ajar Berwaawasan Gender memperoleh presentase kesetaraan sebesar 87 81% dan digolongkan ke kategori tinggi serta kesesuaian soal evaluasi berdasarkan taksonomi Bloom memperoleh presentase kesetaraan sebesar 90 83 % dan digolongkan ke kategori tinggi. Disarankan Pertama-tama kepada penulis buku diharapkan untuk lebih sensitif terhadap pengembangan materi yang berwawasan gender khususnya pada aspek materi gambar dan soal. Kedua disarankan kepada para guru yang mengunakan buku ajar Pkn sebaiknya memilih secara selektif buku yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Yang terakhir ditujukan bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan yang bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104813 |
Actions (login required)
View Item |